PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEMANFAATAN, RISIKO, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET PADA GENERASI MILENIAL KOTA SEMARANG


Siti Rodiah, 7101416017 (2020) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEMANFAATAN, RISIKO, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET PADA GENERASI MILENIAL KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416017.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan e-wallet pada generasi milenial Kota Semarang. Berdasarkan TAM (Technology Acceptance Model) persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kebermanfaatan, dan variabel lain yang dalam penelitian ini yaitu persepsi risiko dan kepercayaan merupakan konstruk yang mempengaruhi minat dalam penerimaan individu terhadap teknologi baru. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial pengguna e-wallet di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 160 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu incidental sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-wallet. Persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-wallet. Persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan e-wallet. Kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-wallet. Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, persepsi risiko, dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan e-wallet. Penelitian ini menemukan bahwa masih adanya kelemahan e-wallet pada sistem perlindungan data. Oleh sebab itu, saran yang diberikan untuk meningkatkan minat e-wallet adalah; pemerintah diharapkan dapat mendukung teknologi keuangan dan meningkatkan perlindungan data pengguna e-wallet melalui kebijakan terkait, penyedia layanan e-wallet sangat diharapkan untuk dapat meningkatkan inovasi fitur dan meningkatkan perlindungan data pengguna e-wallet, akademisi dapat menambahkan jumlah responden dan karakteristik responden seperti lama penggunaan e-wallet dan fitur yang paling sering digunakan dan variabel eksternal lain seperti kenyamanan dan promosi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, Kepercayaan, Minat Menggunakan E-wallet
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:23
Last Modified: 15 Jan 2021 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43059

Actions (login required)

View Item View Item