PENGARUH KOMPETENSI PERANGKAT DESA, KOMITMEN ORGANISASI PEMERINTAH DESA, DAN TRANSPARANSI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA MELALUI KINERJA PEMERINTAH DESA SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus pada Perangkat Desa di Kecamatan Sumber dan Kecamatan Rembang)


Nila Nur Kholifah, 7101416005 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PERANGKAT DESA, KOMITMEN ORGANISASI PEMERINTAH DESA, DAN TRANSPARANSI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA MELALUI KINERJA PEMERINTAH DESA SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus pada Perangkat Desa di Kecamatan Sumber dan Kecamatan Rembang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416005.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Akuntabilitas merupakan hal yang sangat penting dalam upaya mempertanggungjawabkan kegiatan yang telah dilakukan suatu entitas sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada shareholders. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi perangkat desa, komitmen organisasi pemerintah desa, dan transparansi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa melalui kinerja pemerintah desa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perangkat desa di Kecamatan Sumber dan Kecamatan Rembang sebanyak 132. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 102perangkat desa dengan teknik simplerandom sampling.Metode pengumpulam data yaitu kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi perangkat desadan kinerja pemerintah desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Komitmen organisasi pemerintah desa tidak berpengaruh, dan transparansi berpengaruh negatif. Kompetensi perangkat desa dan komitmen organisasi pemerintah desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemerintah desa, sedangkan transparansi berpengaruh negatif. Kompetensi perangkat desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa melalui kinerja pemerintah desa. Komitmen organisasi pemerintah desa tidak berpengaruh, dan transparansi berpengaruh negatif. Simpulan dari penelitian ini adalah kompetensi perangkat desa dan kinerja pemerintah desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, komitmen organisasi pemerintah desa tidak berpengaruh dan transparansi berpengaruh negatif. Kompetensi perangkat desa dan komitmen organisasi pemerintah desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemerintah desa, transparansi berpengaruh negatif. Kompetensi perangkat desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa melalui kinerja pemerintah desa, komitmen organisasi pemerintah desa tidak berpengaruh dan transparansi berpengaruh negatif.Saran untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dana desa adalah pemerintah desa hendaknya meningkatkan sikap komitmen dan kinerjanya, sehingga dapat berkerja sesuai target yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Pengelolaan Dana Desa, Kompetensi Perangkat Desa, Komitmen Organisasi Pemerintah Desa, Transparansi, Kinerja Pemerintah Desa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:14
Last Modified: 15 Jan 2021 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43058

Actions (login required)

View Item View Item