METODE IMITASI DALAM PEMBELAJARAN DRUM PADA ANAK USIA DINI DI STARMOON MUSIC SCHOOL SEMARANG


Sugeng Riyadi, 2501414086 (2020) METODE IMITASI DALAM PEMBELAJARAN DRUM PADA ANAK USIA DINI DI STARMOON MUSIC SCHOOL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of METODE IMITASI DALAM PEMBELAJARAN DRUM PADA ANAK USIA DINI DI STARMOON MUSIC SCHOOL SEMARANG]
Preview
PDF (METODE IMITASI DALAM PEMBELAJARAN DRUM PADA ANAK USIA DINI DI STARMOON MUSIC SCHOOL SEMARANG) - Submitted Version
Download (618kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Riyadi, Sugeng. 2020. “Metode Imitasi Dalam Pembelajaran Drum Pada Anak Usia Dini di Starmoon Music School Semarang”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universtas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing M. Usman Wafa, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Drum, Metode Imitasi. “Starmoon Music School” merupakan lembaga kursusan musik yang cukup terkenal di Semarang. Kelas yang paling diminati adalah kelas drum. Menurut pengamatan peneliti, banyak peserta didik yang berusia dini dalam pembelajaran drum. Guru dalam menerapkan pembelajaran drum tentu menggunakan beberapa metode untuk mencapai tujuan pembelajaran drum dan metode imitasilah yang sering digunakan oleh guru menjadikan perumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana metode imitasi dalam pembelajaran drum di Starmoon Music School ? Terkait hal tersebut, peneliti tertarik untuk menjadikan Starmoon Music School sebagai objek penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitif deskriptif, dengan lokasi penelitian di Starmoon Music School Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran drum di Starmoon Music School Semarang menggunakan metode imitasi dalam penyampaian materi. Dimana guru menjadi pusat pembelajaran yang menentukan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, seperti materi, metode, dan tujuan pembelajaran. Guru memberikan materi secara bertahap dimulai dengan materi berupa teori bermain drum, kemudia materi membaca notasi dan pola ritmis pada drum, yang diteruskan dengan materi rudiment (single stroke, double stroke, dan paradiddle), serta bentuk pola ritmis pada lagu. Metode yang digunakan guru dalam penyajian materi adalah kombinasi dari metode ceramah, metode ceramah disini hanya digunakan pada awal penyampaian materi baru, metode imitasi pada materi lagu baru pengajar akan memainkan terlebih dahulu materi atau lagu tersebut dan peserta didik mengamati dan juga mendengarkan setelah itu peserta didik meniru apa yang sudah dimainkan oleh guru. Pembelajaran menggunakan media papan tulis dan buku panduan serta lagu minus one no drum sebagai pengiring. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan: (1) untuk guru hendaknya memberikan kesempatan kepada murid untuk berkreasi agar tidak semua materi tergantung pada guru sehingga pembelajaran jadi menyenangkan, dan (2) bagi Starmoon Music School hendaknya membuat kelas khusus drum yang lebih luas dan menambah alat musik drum 1 set untuk pengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Drum, Metode Imitasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 12:18
Last Modified: 14 Jan 2021 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43037

Actions (login required)

View Item View Item