PENANAMAN SIKAP TOLERANSI ANAK DI PAUD INKLUSI (STUDI DI PAUD ANYELIR KOTA SEMARANG)


Ricky Ariyanto Prawiratama Putra, 1601414094 (2020) PENANAMAN SIKAP TOLERANSI ANAK DI PAUD INKLUSI (STUDI DI PAUD ANYELIR KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENANAMAN SIKAP TOLERANSI ANAK DI PAUD INKLUSI (STUDI DI PAUD ANYELIR KOTA SEMARANG)]
Preview
PDF (PENANAMAN SIKAP TOLERANSI ANAK DI PAUD INKLUSI (STUDI DI PAUD ANYELIR KOTA SEMARANG)) - Submitted Version
Download (620kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ricky Ariyanto Prawiratama Putra (2020) “Penanaman Sikap Toleransi Anak di PAUD Inklusi (Studi di PAUD Anyelir Kota Semarang)”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang . Pembimbing : Diana.,S.Pd. M.Pd. Kata Kunci : Sikap Toleransi, Anak Usia Dini, PAUD Inklusi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman sikap toleransi anak usia dini di PAUD Anyelir Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik. Penelitian mendeskripsikan penanaman sikap toleransi anak usia dini dan mengetahui faktor pendukung serta faktor yang menghambat penanaman sikap toleransi di PAUD Anyelir. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskripsi kualitatif desain studi kasus dengan menggunakan teknik analisis data berdasarkan teori Miles Huberman. Dalam mengumpulkan data primer teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dan observasi. Mewawancarai pengelola sekolah dan guru PAUD Anyelir. Selain itu juga menggunakan data pendukung berupa referensi buku, jurnal dan dokumen sebagai data sekunder. Kemudian peneliti menggunakan metode analisis deskriptif yang terdiri dari tiga langkah: Pertama, reduksi data. Kedua, penyajian data. Ketiga, pengambilan kesimpulan. Hasil analisis yang diperoleh tentang penanaman sikap toleransi anak usia dini di PAUD Anyelir Tinjomoyo Kota Semarang, dilihat dari penanaman sikap toleransi, pengorganisasian, pengawasan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pelaporan hasil pembelajaran mengacu kepada standar proses, dan standar penilaian modul yang berasal yaitu STPPA, standar isi, standar proses dan standar penilaian. Penanaman sikap toleransi di PAUD Anyelir ini juga dipengaruhi oleh faktor pendukung berupa pelaksanaan pembelajarannya berupa fasilitas sarana dan prasarana yang ada yaitu alat permainan edukatif yang digunakan sebagai media lainnya, ruangan kelas, kelas inspirasi dan juga kerja sama guru dalam menyusun program pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya berupa fasilitas yang masih belum lengkap, dan jam kedatangan anak yang dibebaskan, untuk pembelajaran di PAUD Anyelir ini sesuai dengan standar yang berlaku yaitu standar nasional PAUD. Sehingga sebaiknya pengelola dan guru melengkapi fasilitas lalu menentukan waktu keberangkatan anak sehingga sesuai dengan standar nasional PAUD agar konsentrasi anak lebih baik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap Toleransi, Anak Usia Dini, PAUD Inklusi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 10:53
Last Modified: 14 Jan 2021 10:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43025

Actions (login required)

View Item View Item