PENGARUH KESIAPAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS IV GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL


Nur Ngaifah, 1401416408 (2020) PENGARUH KESIAPAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS IV GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KESIAPAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP  HASIL BELAJAR PPKn KELAS IV  GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN ADIWERNA  KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KESIAPAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS IV GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL) - Submitted Version
Download (699kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Kesiapan Guru, Motivasi Belajar Hasil Belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Hasil belajar sangat penting sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kesiapan guru dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kesiapan guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV Gugus R.A Kartini Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus R.A Kartini Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, sebanyak 301 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 172 siswa. Teknik pengambilan sampel mengguna kan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis mengguanakan analisis indeks, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, uji t, korelasi berganda, regresi berganda, koefesien determinan, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan guru terhadap hasil belajar PPKn siswa dengan thitung > ttabel (8,158 > 1,497) dan besar sumbangan sebesar 28,1%; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa dengan thitung > ttabel (5,714 > 1,497) dan besar sumbangan 16,1%; (3) terdapat pengaruh kesiapan guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PPKn siswa dengan Fhitung > Ftabel (69,080 > 1,974) dan besar sumbangan sebesar 45%. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan kesiapan guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus R.A Kartini Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal sebesar 45% dan 55% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran hendaknya guru lebih meningkatkan kesiapan guru dengan cara mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun di sekolah untuk menambah pengalaman, meningkatkan keterampilan mengajar, menguasai metode dan model serta rencana pelaksanaan pembelajarn (RPP) , dan moemotivasi belajar siswa agar hasil belajar yang diperoleh lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PPKn, Kesiapan Guru, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > teacher competence
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 10:48
Last Modified: 14 Jan 2021 10:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43024

Actions (login required)

View Item View Item