PENGEMBANGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA SISWA KELAS II SDN KARANGMALANG


Rina Setiyani, 1401416189 (2020) PENGEMBANGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA SISWA KELAS II SDN KARANGMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA SISWA KELAS II SDN KARANGMALANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA SISWA KELAS II SDN KARANGMALANG) - Submitted Version
Download (740kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Setiyani, Rina. 2020. Pengembangan Model Student Teams Achievement Deision (STAD) Berbantuan Media Flashcard untuk Pembelajaran Kosakata Siswa Kelas II SDN Karangmalang. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Dra. Hartati, M.Pd. 145 hlm. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di kelas II SDN Karangmalang melalui wawancara, observasi, dan data dokumen diperoleh informasi bahwa pembelajaran muatan bahasa Indonesia belum optimal. Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran yang digunakan, kurang bervariasi sehingga siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Perbaikan kualitas pembelajaran dilakukan dengan pengembangan model Student Teams Achievement Devision (STAD) berbantuan media flashcard untuk pembelajaran kosakata pada muatan pelajaran bahasa Indonesia. Masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, dan kelayakan modeL Student Teams Achievement Devision (STAD) berbantuan media flashcard dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model Student Teams Achievement Devision (STAD) berbantuan media flashcard yang layak dalam pembelajaran koakata Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Research and develophment (RnD) dengan model pengembangan berdasarkan Sugiyono yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain , revisi desain dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Karangmalang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui teknik nontes meliputi wawancara, angket, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan model Student Teams Achievement Devision (STAD) berbantuan media flashcard dinyatakan layak digunakan berdasarkan uji kelayakan oleh ahli model pembelajaran, ahli materi, dan ahli media dengan persentase kelayakan model dari ahli model pembelajaran 90%, kelayakan materi pembelajaran dari ahli materi 87%, dan kelayakan media pendukung oleh ahli media 92%. Simpulan penelitian ini adalah model Student Teams Achievement Devision (STAD) berbantuan media flashcard untuk pembelajaran kosakata pada muatan bahasa Indonesia layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: kosakata, model Student Teams Achievement Devision (STAD), flashcard.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kosakata, model Student Teams Achievement Devision (STAD), flashcard.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 10:41
Last Modified: 14 Jan 2021 10:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43023

Actions (login required)

View Item View Item