PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Ikhtaromaulidia, 1401416139 (2020) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Submitted Version
Download (853kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ikhtaromaulidia. 2020. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Skripsi. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. H. A. Zaenal Abidin, M.Pd. 205 halaman. Dalam menumbuhkan semangat belajar anak terdapat dua aspek utama, yaitu aspek eksternal dan internal. Berdasarkan data pra penelitian, wawancara, dokumentasi, dan hasil observasi diketahui bahwa bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa kelas V SDN di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang masih rendah, serta hasil belajar IPS yang perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini ialah: menguji ada atau tidaknya pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar IPS; menguji ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS; menguji ada atau tidaknya pengaruh bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Penelitian korelasi menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Polupasi penelitian yaitu siswa kelas V berjumlah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling, dengan sampel sebanyak 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar IPS berikut nilai koefisien korelasi 0,651 termasuk kategori kuat; terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS berikut nilai koefisien korelasi 0,748 termasuk kategori kuat; terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS berikut nilai koefisien korelasi 0,746 termasuk kategori kuat. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Disarankan guru sebaiknya dapat meningkatkan komunikasi dengan orang tua/wali siswa untuk menggerakan program bimbingan belajar ketika dirumah melalui pendampingan belajar yang lebih menyenangkan dan memberikan fasilitas belajar yang lebih memadai. Kata Kunci: bimbingan belajar orang tua, hasil belajar, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar orang tua, hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 10:37
Last Modified: 14 Jan 2021 10:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43022

Actions (login required)

View Item View Item