PENGARUH ATTACHMENT DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP SELF-ESTEEM SISWA SMP TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Erina Vicky Alfina, 1301416017 (2020) PENGARUH ATTACHMENT DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP SELF-ESTEEM SISWA SMP TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ATTACHMENT DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP SELF-ESTEEM SISWA SMP TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020]
Preview
PDF (PENGARUH ATTACHMENT DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP SELF-ESTEEM SISWA SMP TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Submitted Version
Download (679kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Alfina, Erina Vicky. 2020. Pengaruh Attachment dan Penyesuaian Diri terhadap Self-Esteem SMP Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Awalya, M.Pd., Kons. Penelitianlini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh attachment dan penyesuaian diri terhadap self-esteem siswa SMP Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Upaya untuk mencapai tujuan, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan desain penelitian ex,post,facto. Pelaksanaannya peneliti menggunakan simple random sampling sebagai teknik samplingnya, ada 182 responden dari populasi yaitu 383 responden. Pengumpulan datanya dengan menyebar skala attachment, penyesuaian diri dan self-esteem. Uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan alfa cronbach. Teknik analisis data menggunakan ujilanalisisnregresi/ganda. Penelitian yang sudah dilakukan menghasilkan tingkat self-esteem dan attachment berada pada kategori yang tinggi. Sedangkan,tingkat penyesuaian diri berada pada kategori sedang. Hasil,analisis;hipotesis yang pertama menunjukkanibahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan attachment terhadap self-esteem, dengan nilai ( thitung = 10,012 > ttabel = 1,651 dan p = 0000 < 0,05). Hasil,analisis,hipotesis kedua,menunjukkan,bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penyesuaian diri terhadap self-esteem, dengan nilai (thitung = 4,504 > ttabel = 1,651 dan p = 0,000 < 0,05). Hasilianalisisihipotesisiketiga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan attachment dan penyesuaian diri terhadap self-esteem, yang memperoleh nilai (R = 0,778; F = 137,096; p = 0,000). Kemudian R2 = 0,605 (60,5%) maksudnya adalah attachment dan penyesuaian diri memberikan sumbangan efektif sebesar 60,5% terhadap self-esteem. Sehingga masih ada 39,5% hal lain yang mempengaruhi self-esteem. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa semakin tinggi attachment dan penyesuaian diri maka akan semakin tinggi juga self-esteem pada siswa. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru bimbingan dan konseling memberikan promoting attachment anak dengan orang tua untuk membangun self-esteem yang semakin baik dan beberapa layanan yang ada kaitannya dengan penyesuaian diri dan self-esteem dengan memperhatikan kebutuhan siswa. Langkah tersebut digunakan agar siswa semakin memiliki attachment yang,positif, penyesuaian diri yang baik dengan harapan siswa memiliki self-esteem yang semakin baik juga. Kata kunci: attachment, penyesuaian diri; self-esteem

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: attachment, penyesuaian diri; self-esteem
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 10:27
Last Modified: 14 Jan 2021 10:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43020

Actions (login required)

View Item View Item