PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TEKS SERAT WEDHATAMA PUPUH POCUNG BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 LARANGAN


Nur Fauziati, 2601416035 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TEKS SERAT WEDHATAMA PUPUH POCUNG BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 LARANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TEKS SERAT WEDHATAMA PUPUH POCUNG BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 LARANGAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TEKS SERAT WEDHATAMA PUPUH POCUNG BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 LARANGAN) - Submitted Version
Download (546kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Fauziati, Nur. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Serat Wedhatama Pupuh Pocung Berbasis Discovery Learning di SMA Negeri 1 Larangan. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Yusro Edy Nugroho, S.S., M.Hum. Kata kunci: lembar kerja siswa (LKS), pocung, wedhatama, bahasa Jawa, SMA. Siswa mengalami kesulitan karena bahasa arkhais yang digunakan teks Serat Wedhatama Pupuh Pocung. Buku teks sebagai bahan ajar penggunaannya kurang maksimal dalam melatih keterampilan siswa. Maka dari itu, perlu adanya alat penunjang pembelajaran, salah satunya adalah lembar kerja siswa (LKS). Rumusan masalah penelitian ini yaitu, bagaimana kebutuhan terhadap pengembangan lembar kerja siswa teks Serat Wedhatama Pupuh Pocung berbasis discovery learning di SMA Negeri 1 Larangan? Bagaimana wujud prototipe pengembangan lembar kerja siswa teks Serat Wedhatama Pupuh Pocung berbasis discovery learning di SMA Negeri 1 Larangan? Bagaimana hasil uji validitas terhadap produk Pengembangan lembar kerja siswa teks Serat Wedhatama Pupuh Pocung berbasis discovery learning di SMA Negeri 1 Larangan? Tujuan penelitian ini yaitu, mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap lembar kerja Serat Wedhatama Pupuh Pocung, mendeskripsikan prototipe lembar kerja Serat Wedhatama Pupuh Pocung, dan mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap lembar kerja Serat Wedhatama Pupuh Pocung serta revisi produk. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan pengisian angket. Subjek penelitian terdiri dari siswa, guru, dan ahli. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa lembar kerja Serat Wedhatama Pupuh Pocung berbasis discovery learning. Lembar kerja siswa dibutuhkan sebagai penunjang materi teks Serat Wedhatama Pupuh Pocung yang disusun berdasarkan data hasil analisis kebutuhan siswa dan guru, dan secara umum lembar kerja dinyatakan sudah layak, namun perlu adanya perbaikan pada beberapa aspek sesuai saran validator. Setelah melalui perbaikan produk sesuai saran ahli dan hasil diskusi dengan pembimbing, hasil lembar kerja menjadi lebih layak. Saran dari penulis, LKS ini perlu dikembangkan ke tahap uji keefektifan agar dapat diketahui bagaimana kebermanfaatan buku terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Larangan maupun di SMA lain. LKS ini diharapkan dapat menjadi referensi belajar materi teks Serat Wedhatama Pupuh Pocung dan sebagai sumber penunjang belajar selain buku teks pelajaran bahasa Jawa yang telah tersedia. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lain untuk mengembangkan LKS pada materi teks Serat Wedhatama maupun teks Serat Wulangreh sehingga dapat menambah referensi di bidang pendidikan bahasa Jawa khususnya pada materi tembang macapat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja siswa (LKS), pocung, wedhatama, bahasa Jawa, SMA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:50
Last Modified: 14 Jan 2021 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43014

Actions (login required)

View Item View Item