PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DESA WISATA LEREPDAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN DESTINATION BRANDING


Riza Afthoni, 2411416045 (2020) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DESA WISATA LEREPDAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN DESTINATION BRANDING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DESA WISATA LEREP DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN DESTINATION BRANDING]
Preview
PDF (PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DESA WISATA LEREP DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN DESTINATION BRANDING) - Submitted Version
Download (338kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Afthoni, Riza. (2020). Perancangan Ulang Identitas Visual Desa Wisata Lerep dan Aplikasinya pada Media Promosi sebagai Upaya Membangun Destination Branding. Proyek Studi. Jurusan Seni Rupa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Rahina Nugrahani, M.Ds. Kata Kunci: Identitas Visual, Destination Branding, Media Promosi, Desa Wisata Lerep. Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan dalam pembangunan di Kabupaten Semarang. Banyaknya objek wisata yang ada di Kabupaten Semarang dan gencarnya pembangunan di sektor pariwisata mendorong kepala Desa Lerep, Sumariyadi, S.T. mencanangkan Desa Lerep menjadi desa wisata pada tahun 2016. Bersama warga, pemerintah desa merintis dan mengembangkan Desa Lerep menjadi desa wisata di Jawa Tengah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mengenalkan tradisi dan kebudayaan yang ada di Desa Lerep. Hal ini selaras dengan konsep yang diusung yakni desa wisata berbasis kearifan lokal yang edukatif serta ramah lingkungan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, kegiatan promosi yang selama ini dilakukan oleh Desa Wisata Lerep adalah promosi secara langsung di event maupun perlombaan desa wisata. Hal ini menyebabkan promosi hanya terbatas pada jangkauan tertentu. Selain masalah promosi, ternyata salah satu unsur branding yaitu identitas visual berupa logo yang digunakan oleh Desa Wisata Lerep memiliki visualisasi yang hampir sama dengan beberapa desa wisata di Jawa. Oleh karena itu, identitas visual dan media promosi perlu dirancang ulang untuk membangun brand image yang berkarakter. Proses perancangan ulang identitas visual Desa Wisata Lerep ini melalui beberapa tahap. (1) Proses praproduksi, meliputi riset, penetapan tujuan karya, penetapan target audience, strategi perancangan, dan pemilihan media. (2) Proses produksi, meliputi perancangan konten, konsultasi, dan perancangan final design. (3) Proses pascaproduksi, meliputi pameran karya dan presentasi karya. Proses perancangan ulang identitas visual untuk membangun destination branding Desa Wisata Lerep menghasilkan berbagai rancangan karya, mulai dari logo, tipografi, elemen visual, icon set, sign system, stationary set, digital marketing (Instagram, website), merchandise (kaos, totebag, pin, gantungan kunci), flyer, peta wisata, hingga public transportation. Tiap karya tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda akan tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membentuk destination branding yang baik untuk Desa Wisata Lerep. Harapan perancangan ulang destination branding Desa Wisata Lerep adalah untuk membangun brand image baru yang berkarakter melalui tampilan visual yang baru untuk memperkuat posisi Desa Wisata Lerep di benak target audience, serta menginformasikan Desa Wisata Lerep dalam berbagai bentuk media promosi sehingga dapat bersaing dengan kompetitornya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Identitas Visual, Destination Branding, Media Promosi, Desa Wisata Lerep.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:34
Last Modified: 14 Jan 2021 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43012

Actions (login required)

View Item View Item