PENGEMBANGAN MODUL AUDIO VISUAL BERDASARKAN FILM “20 ONCE AGAIN( 重返20岁)” UNTUK PEMBELAJAR BAHASA MANDARIN TINGKAT MENENGAH


Rizky Kusumawati, 2404416023 (2020) PENGEMBANGAN MODUL AUDIO VISUAL BERDASARKAN FILM “20 ONCE AGAIN( 重返20岁)” UNTUK PEMBELAJAR BAHASA MANDARIN TINGKAT MENENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL AUDIO VISUAL BERDASARKAN FILM “20 ONCE AGAIN( 重返20岁)”  UNTUK PEMBELAJAR BAHASA MANDARIN TINGKAT MENENGAH]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL AUDIO VISUAL BERDASARKAN FILM “20 ONCE AGAIN( 重返20岁)” UNTUK PEMBELAJAR BAHASA MANDARIN TINGKAT MENENGAH) - Submitted Version
Download (835kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kusumawati , Rizky. Pengembangan Modul Audio Visual Berdasarkan Film “20 Once Again ( 重返20岁)” Untuk Pembelajar Bahasa Mandarin Tingkat Menengah. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I Anggraeni, S.T, MTCSOL. Kata kunci: audio visual, film, prototype, penelitian pengembangan, Bahasa Mandarin Pembelajaran Bahasa Mandarin di Universitas Negeri Semarang memiliki perkembangan yang baik. Berdasarkan hasil observasi ditemukan permasalahan pembelajaran dalam Bahasa Mandarin yaitu rasa ketidaktertarikan, sulit memahami kosakata, permasalahan berbicara juga mendengar audio Bahasa Mandarin. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mencoba mengembangkan sebuah media pembelajaran dalam bentuk modul audio visual berbasis film. Narasi dalam film populer dijadikan sebuah materi yang bertujuan agar pembelajar Bahasa Mandarin dapat lebih mudah untuk memahami maksud dari film tersebut. Dari narasi film dalam modul audio visual tersebut akan dijelaskan setiap kosakata asing yang sekiranya sangat membantu untuk kemajuan pembelajaran Bahasa Mandarin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis kebutuhan mahasiswa dan dosen terhadap modul audio visual berdasarkan media film media film, (2) mendeskripsikan prototype modul audio visual berdasarkan media film, (3) menjelaskan tata cara validasi ahli terhadap modul audio visual berdasarkan media film. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analitis Bogdan dan Taylor dalam Moleong. Model penelitian ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yang diadaptasikan menjadi model 4-D yaitu pendefinsian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik notes yaitu wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian modul audio visual berdasarkan film “ 20 Once Again ( 重返 20 岁 )”untuk pembelajar Bahasa Mandarin tingkat menengah dikembangkan dengan kualitas sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Mandarin. Hal itu ditunjukkan dengan masing- masing nilai yang diberikan validator yang menilai aspek kelayakan isi ( materi ), aspek kegrafikan ( desain ) , aspek kelayakan penyajian ( Bahasa ). Berdasarkan hasil validasi, ahli memberikan nilai dengan rata-rata 86,7 untuk aspek kelayakan isi ( materi ), dengan kategori sangat layak. Kemudian ahli memberikan nilai dengan rata-rata 86,9 untuk aspek kegrafikan ( media ) , dengan kategori sangat layak . Ahli memberikan nilai dengan rata rata 85,7 untuk aspek kelayakan penyajian ( Bahasa ) dengan kategori layak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audio visual, film, prototype, penelitian pengembangan, Bahasa Mandarin
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 02:10
Last Modified: 14 Jan 2021 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43004

Actions (login required)

View Item View Item