PENGEMBANGAN PENGGUNAAN MODUL SANGGUL MODERN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK PERINTIS 29 UNGARAN


Lisa Dwi Putrianti, 5402415035 (2020) PENGEMBANGAN PENGGUNAAN MODUL SANGGUL MODERN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK PERINTIS 29 UNGARAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PENGGUNAAN MODUL SANGGUL MODERN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK PERINTIS 29 UNGARAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PENGGUNAAN MODUL SANGGUL MODERN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK PERINTIS 29 UNGARAN) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Modul Penataan Sanggul Modern berfokus pada materi Penataan Sanggul Modern yang disusun baik secara isi dan urutannya sesuai dengan yang di pelajari oleh siswa disekolah, sehingga siswa dapat belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui validitas modul penataan sanggul modern untukmeningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Tata Kecantikan, (2) mengetahui kelayakan modul penataan sanggul modern untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Tata Kecantikan Rambut. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Perintis 29 Ungaran jurusan Tata Kecantikan kelas XI yang mengikuti mata pelajaran Penataan Sanggul Moden dan Kreatif berjumlah 10 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling sebesar 10 siswa. Variabel bebas (X) penelitian ini yaitu kelayakan modul penataan sanggul modern. Variabel terikat (Y) penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Perintis 29 Ungaran yang akan menggunakan modul penataan sanggul modern. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen penelitian di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data deskpritif persentase. Hasil penelitian untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Validitas Modul dari ketiga ahli yaitu ahli materi 1 sebesar 87,5%, ahli materi 2 sebesar 83,3 % , dan ahli media 1 sebesar 93,75 %, ahli mteri 2 sebesar 89,58% dengan rata-rata presentase 90%. Keefektifan Modul, dilihat dari aspek pengetahuan dari dua kali pertemuan memperoleh rata-rata nilai pre-test sebesar 70 dan nilai post- test sebesar 85 dengan peningkatan nilai sebesar 45%. Simpulan (1) media pembelajaran menggunakan modul penataan sanggul modern dinyatakan valid oleh 3 validator, (2) modul penataan sanggul modern dapat meningkatan hasil belajar siwa. Saran (1) guru dapat mengembangkan media pembelajaran disekolah agar pembelajaran di kelas lebih aktif. Dan siswa juga lebih kreatif (2) guru hendaknya lebih banyak memberikan teknik dan tata cara penataan sanggul modern agar peserta didik untuk mempermudah dan meningkatkan hasil penataan sanggul modern.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Penataan Sanggul Modern dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Skills Educations
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Jan 2021 02:08
Last Modified: 14 Jan 2021 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43003

Actions (login required)

View Item View Item