KEEFEKTIFAN METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SELF-RECITATE, TEST) TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs AL-KHOIRIYYAH SEMARANG
Aviana Kurnia Luthfia Afifiani, 2303416026 (2020) KEEFEKTIFAN METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SELF-RECITATE, TEST) TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs AL-KHOIRIYYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SELF-RECITATE, TEST) TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs AL-KHOIRIYYAH SEMARANG)
- Submitted Version
Download (860kB) | Preview |
Abstract
Afifiani, Aviana Kurnia Luthfia. 2020. Keefektifan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-recitate, Test) terhadap Pembelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Al-Khoiriyyah Semarang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Ahmad Miftahuddin, M.A. Kata Kunci : Keterampilan Membaca, Keterampilan Menulis, Metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-recitate, Test) Keterampilan membaca dan keterampilan menulis adalah kemampuan berbahasa lisan dan tulisan yang keduanya wajib dicapai siswa MTs Al-Khoiriyyah Semarang dalam pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan kedua keterampilan tersebut tergolong masih rendah. Kurangnya pemahaman dan antusiasme siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah tidak adanya variasi metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan metode pembelajaran yang melatih siswa untuk berpikir secara kritis terutama dalam memahami suatu bacaan. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-recitate, Test). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-recitate, Test) terhadap keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Khoiriyyah Semarang. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan eksperimen semu (quasi experimental) dengan pola non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan adalah tes tertulis, sedangkan instrumen non tes yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil yang lebih besar pada kelas eksperimen dibanding pada kelas kontrol. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata pre-test dan post-test keterampilan membaca pada kelas kontrol adalah 76,38 dan 81,07. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test adalah 80 dan 87,84. Adapun nilai rata-rata pre-test dan post-test keterampilan menulis pada kelas kontrol adalah 70,92 dan 75,23. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test adalah 74,69 dan 82,23. Dari perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,33 dan 5,30 sedangkan ttabel untuk N=13 dan dk=13-1=12 adalah 2,179 dengan taraf signifikansi 5%. Maka hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif (Ha). Dengan demikian penerapan metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-recitate, Test) efektif untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Khoiriyyah Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca, Keterampilan Menulis, Metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-recitate, Test) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 02:06 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 02:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43001 |
Actions (login required)
View Item |