PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIM (MEMBACA ITU MENYENANGKAN) BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS


Indah Setyani, 2303416022 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIM (MEMBACA ITU MENYENANGKAN) BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN  MIM (MEMBACA ITU MENYENANGKAN) BERBASIS ADOBE FLASH CS6  PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB  SISWA KELAS VII MTS]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIM (MEMBACA ITU MENYENANGKAN) BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS) - Submitted Version
Download (747kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Setyani, Indah, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran MIM (Membaca itu Menyenangkan) Berbasis Adobe Flash CS6 pada Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Hasan Busri, S.Pd.I, M.S.I. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash, Keterampilan Membaca Pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan membaca di sekolah banyak menemui kendala dalam hal metode, teknik, dan media pembelajaran yang terkesan monoton dan konvensional. Hal ini menyebabkan minat siswa dalam pembelajaran keterampilan bahasa Arab sangat kurang. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan minat baca siswa, salah satunya dengan media MIM. Media MIM yaitu sebuah media pembelajaran yang berbasis Adobe Flash CS6 yang berisi materi pembelajaran siswa kelas VII pada semester genap. Dengan adanya media MIM ini diharapkan dapat memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan membaca. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media MIM (Membaca itu Menyenangkan) berbasis adobe flash professional cs6 pada keterampilan membaca Bahasa Arab siswa kelas VII MTs (2) untuk mengetahui prototipe media media MIM (Membaca itu Menyenangkan) berbasis adobe flash professional cs6 pada keterampilan membaca Bahasa Arab siswa kelas VII MTs dan (3) untuk mengetahui validasi penilaian guru dan ahli terhadap desain produk MIM (Membaca itu Menyenangkan) berbasis adobe flash professional cs6 untuk keterampilan membaca Bahasa Arab siswa kelas VII MTs. Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui non tes. Alat pengambilan data non tes yang digunakan berupa wawancara serta angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validitas ahli terhadap media pembelajaran interaktif berbasis software adobe flash professional cs6 dan dokumentasi foto. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media interaktif berbasis software adobe flash professional cs6 menunjukkan bahwa guru dan siswa menghendaki media interaktif berbasis software adobe flash professional cs6 berisi materi, KI-KD, kosakata, tata bahasa, dan evaluasi/materi uji dengan disertai navigasi contoh dan petunjuk penggunaan agar siswa mudah memahami setiap materi yang diajarkan. Penilaian ahli media dan ahli materi menunjukkan hasil kesesuaian pada aspek rekayasa perangkat lunak, komunikatif, visual, audio, kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa dengan nilai total untuk media interaktif berbasis adobe flash professional cs6 adalah 89. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis adobe flash professional cs6 dinyatakan sangat layak/sangat sesuai untuk digunakan oleh siswa kelas VII dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Adobe Flash, Keterampilan Membaca
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 01:56
Last Modified: 14 Jan 2021 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43000

Actions (login required)

View Item View Item