PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PADA MAHASISWA SEMESTER IV PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Dian Islamiati, 2301416023 (2020) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PADA MAHASISWA SEMESTER IV PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PADA MAHASISWA SEMESTER IV PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PADA MAHASISWA SEMESTER IV PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Submitted Version
Download (573kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Islamiati, Dian. 2020. Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam Keterampilan Berbicara Pada Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Tri Eko Agustiningrum, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Kartu bergambar, Berbicara, Temps libre Production orale intermédiaire adalah mata kuliah yang memberikan pengetahuan dan keterampilan berbicara secara aktif pada tema unité 6 hingga unité 9 yang terdapat di buku Le Nouveau Taxi 2 pada mahasiswa semester IV bahasa Prancis di Unnes. Salah satu materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini adalah temps libre yang merupakan tema pertama yang harus dipelajari dan dikuasai pembelajar. Umumnya tema pertama di awal pembelajaran sangat menentukan tingkat pemahaman pembelajar untuk dapat melanjutkan tema berikutnya. Tujuan komunikatif pada tema ini adalah mahasiswa dapat berbicara mengenai décrire vos activités, justifier vos choix, exposer un projet dan exprimer la cause d’un problème. Selain itu mahasiswa juga harus dapat mengaplikasikan kosa kata dan tata bahasa yang sesuai dengan materi tersebut sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mengembangkan ide dan gagasannya secara lisan. Untuk dapat berbicara pada tema temps libre dengan memperhatikan unsur-unsur di atas, dapat dibantu dengan menggunakan media pembelajaran berupa media kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester IV dalam keterampilan berbicara tema temps libre sesudah menggunkan media kartu bergambar pada mata kuliah production orale intermédiaire. Penelitian menggunakan pre experimental design dengan memberikan treatment dan satu kali post-test. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV yang sedang mengikuti mata kuliah production orale intermédiaire. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes secara lisan yang diberikan setelah pemberian treatment. Tes ini menggunakan validitas isi dan uji reliabilitas dengan teknik pengulangan (retest). Hasil dari uji reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar pada mahasiswa semester IV tema temps libre memiliki pengaruh dalam keterampilan berbicara mata kuliah production orale intermédiaire. Hal ini dapat ditunjukkan dari rata-rata hasil tes yang diperoleh responden yaitu 75, yang termasuk dalam kategori Baik dari nilai rata-rata yang ditetapkan oleh Unnes yaitu sebesar ≥ 71. Dari 30 responden, nilai tertinggi yang diperoleh adalah 80 dan nilai terendah 60. Namun hasil perhitungan nilai ketuntasan belajar mahasiswa adalah 76% yang artinya kurang dari standar ketuntasan klasikal sebesar 85%. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis berbunyi penggunaan media kartu bergambar efektif dalam keterampilan berbicara pada mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang tidak diterima karena persentase mahasiswa yang tuntas belajarnya lebih kecil dari standar ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu 76% < 85%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kartu bergambar, Berbicara, Temps libre
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 01:45
Last Modified: 14 Jan 2021 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42998

Actions (login required)

View Item View Item