PENANAMAN KARAKTER KEJUJURAN PADA ANAK DI SEKOLAH MINGGU GEREJA KATOLIK SANTO PETRUS SEMARANG


Rosaria Omega Ismawati, 1601415078 (2020) PENANAMAN KARAKTER KEJUJURAN PADA ANAK DI SEKOLAH MINGGU GEREJA KATOLIK SANTO PETRUS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENANAMAN KARAKTER KEJUJURAN PADA ANAK DI SEKOLAH MINGGU GEREJA KATOLIK SANTO PETRUS SEMARANG]
Preview
PDF (PENANAMAN KARAKTER KEJUJURAN PADA ANAK DI SEKOLAH MINGGU GEREJA KATOLIK SANTO PETRUS SEMARANG) - Submitted Version
Download (522kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ismawati, Rosaria Omega. 2020. “Penanaman Karakter Kejujuran pada Anak di Sekolah Minggu Gereja Katolik Santo Petrus Semarang”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dnini. Fakultas Ilmau Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: R. Agustinus A Eka Nugroho, S.Pd M.Sn. Kata Kunci: Karakter Kejujuran, Anak, Sekolah Minggu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karkater kejujuran pada anak dan untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat penanaman karakter kejujuran di Sekolah Minggu Gereja Katolik Santo Petrus. Dilatar belakangi oleh kehidupan anak yang diwarnai dengan nilai-nilai yang merusak perkembangan anak seperti kekerasan, kebencian, permusuhan, ketidakadilan, dan kebohongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data berdasarkan teori Miles dan Huberman. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan teknik pengumpulan data (dokumen). Hasil analisis data tentang penanaman karakter kejujuran pada anak di Sekolah Minggu Gereja Katolik Santo Petrus Semarang dipengaruhi oleh factor pendukung berupa pribadi yang mau diberi pemahaman akan karakter kejujuran, pendamping sebagai orang dewasa yang dijadikan panutan berperilaku jujur untuk menjadi contoh bagi para peserta Sekolah Minggu, dan kebudayaan yang tercipta dilingkungan gereja merupakan budaya yang baik seperti jujur, cinta kasih, dan bertanggung jawab. Sedangkan factor penghambat berupa pengalaman pribadi dan pendidikan anak dalam sekolah maupun keluarga yang berbeda-beda menyebabkan tingkah laku anak berbeda tiap pribadinya, apa bila terdapat peserta yang berperilaku negatif seperti berbohong akan mempengaruhi cara pandang peserta lain mengenai kejujuran. Secara garis besar, simpulan penelitian ini yaitu penanaman karakter kejujuran dilakukan melalui pendalaman kitab suci, kegiatan saat kreatifitas, dan saat pujian menggunakan gerak dan lagu. Namun beberapa hal yang ditemukan terkait berbedanya latar belakang pendidikan dan pengalaman anak mempengaruhi penanaman karakter kejujuran di Sekolah Minggu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter Kejujuran, Anak, Sekolah Minggu.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 01:15
Last Modified: 14 Jan 2021 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42987

Actions (login required)

View Item View Item