KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KALENPANDAN KABUPATEN BREBES
Sintia Primadhani, 1401416404 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KALENPANDAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KALENPANDAN KABUPATEN BREBES)
- Submitted Version
Download (786kB) | Preview |
Abstract
Primadhani, Sintia. 2020.Keefektifan Model Discovery Berbasis Realistic Mathematics Education ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Kalenpandan Kabupaten Brebes. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Drs. Yuli Witanto, M.Pd.472. Kata Kunci:Discovery; Realistic Mathematics education;Minat belajar; Hasil Belajar Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model discovery berbasis realistic mathematics education dapat menumbuhkan rasa antusias serta menarik perhatian siswa pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model discovery berbasis realistic mathematics education ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika antara kelas yang menggunakan model discovery berbasis realistic mathematics education dan kelas yang menggunakan model konvensional. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SDN Kalenpandan Kabupaten Brebes Tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 73 siswa terdiri dari di kelas VA dan VB. Sampel daripenelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA sebagai kelas kontroldan kelas VB sebagai kelas eksperimen, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SDN 01 Pamulian Kabupaten Brebes. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini meliputi wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yaitu uji prasyaratanalisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesispenelitian ini menggunakan independent sample t-test dan one sample t-test. Hasil analisis data untuk uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa menggunakan Independent Samples T-Test menunjukan thitung > ttabel ttabel (2,571 > 1,994) atau signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), sedangkan uji keefektifan ditinjau dari minat belajar siswa menggunakan One Samples T-Test menunjukan thitung > ttabel (3,551>1,691). Uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples T-Test menunjukan thitung > ttabel (2,035 > 1,994) dan signifikansi < 0,05 (0,027 < 0,05), sedangkan uji keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa menggunakan One Samples T-Test menunjukan thitung > ttabel (3,084>1,691). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery berbasis realistic mathematics education efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kalenpandan Kabupaten Brebes. Disarankan pada guru hendaknya menggunakan model discovery berbasis realistic mathematics educationagar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery; Realistic Mathematics education;Minat belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 00:47 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 00:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42982 |
Actions (login required)
View Item |