HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN SEMARANG SELATAN
Yohana Evika Dinarwati, 1401416217 (2020) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN SEMARANG SELATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN SEMARANG SELATAN)
- Submitted Version
Download (746kB) | Preview |
Abstract
Dinarwati, Yohana Evika. 2020. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Sartika Kecamatan Semarang Selatan. Sarjana Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Drs. Ali Sunarso, M.Pd. 172 halaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dengan menggunakan data kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi pola asuh orang tua, motivasi belajar, dan hasil belajar IPS. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Sartika Kecamatan Semarang Selatan sebanyak 105 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0, 602, termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 36,2%; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan anatara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung= 0,632, termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 39,9%; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung= 0,761 termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 57,9% terhadap hasil belajar IPS dan 42,1% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS; ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS; ada hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber mengembangkan kualitas sekolah yang berhubungan dengan peran dan pola asuh orang tua, motivasi belajar, ataupun hasil belajar IPS siswa. Kata kunci: hasil belajar IPS; motivasi belajar; pola asuh orang tua
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPS; motivasi belajar; pola asuh orang tua |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 00:42 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 00:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42981 |
Actions (login required)
View Item |