IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI AGAMA NO 8 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN PERJALANAN IBADAH UMRAH TERHADAP PRAKTIK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN OLEH PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (STUDI DI KABUPATEN KEBUMEN)


FANIDIO MUHAMMAD ARIQ SUGIARTO, 8111416178 (2020) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI AGAMA NO 8 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN PERJALANAN IBADAH UMRAH TERHADAP PRAKTIK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN OLEH PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (STUDI DI KABUPATEN KEBUMEN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI AGAMA NO 8 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN PERJALANAN IBADAH UMRAH TERHADAP PRAKTIK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN OLEH PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (STUDI DI KABUPATEN KEBUMEN)]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI AGAMA NO 8 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN PERJALANAN IBADAH UMRAH TERHADAP PRAKTIK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN OLEH PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (STUDI DI KABUPATEN KEBUMEN)) - Submitted Version
Download (509kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sugiarto, Fanidio Muhammad Ariq. 2020. “IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI AGAMA NO 8 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN PERJALANAN IBADAH UMRAH TERHADAP PRAKTIK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN OLEH PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (STUDI DI KABUPATEN KEBUMEN)”. Skripsi Bagian Hukum Perdata, Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang”. Pembimbing : Baidhowi ,S.Ag.,M.Ag. Kata Kunci : Dana Talangan, Umrah, Peraturan Menteri Agama. PPIU. Pembiayaan dana talangan dalam ibadah umrah dilarang berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2018 Pasal. Namun dalam praktiknya masih ada yang melaksanakan praktik tersebut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, (1) Bagaimana Implementasi Peraturan Menteri Nomor 8 Tahun 2018 terhadap praktik pembiayaan dana talangan oleh penyelenggara perjalanan ibadah umrah di Kabupaten Kebumen? (2) Bagaimana faktor yang mendorong dan menghambat praktik dana talangan umrah oleh penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) di Kabupaten Kebumen? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif, dengan Sumber data penelitian berasal dari data primer yaitu wawancara langsung maupun daring, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan di Kementerian Agama Kabupaten Kebumen,dan pelaku usaha Biro Travel Umrah di Kabupaten Kebumen. Hasil penelitan ini menunjukan 1) Implementasi PMA Nomor 8 Tahun 2018 terhadap praktik pembiayaan dana talangan umrah oleh PPIU sudah cukup efektif hal ini dikarenakan hanya terdapat 2 PPIU yang masih meberikan fasilitas dana talangan, walaupun begitu Pengawasan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kebumen terhadap praktik pembiayaan dana talangan umrah belum maksimal, hal ini karena Kementrian Agama Kabupaten Kebumen tidak melakukan pengawasan secara langsung. Sehingga masih ditemukan PPIU yang melakukan praktik pembiayaan dana talangan oleh. 2) Faktor yang menghambat dan Mendorong Implementasi PMA Nomor 8 Tahun 2018 terhadap praktik pembiayaan dana talangan umrah oleh PPIU berdasarkan Teori Teori George C. Edward III dan Mazmanian & Sabatier terdapat faktor Komunikasi terdapat sosialisasi, pemahaman terhadap kebijakan, dan Pembinaan, Sumberdaya terdapat sumberdaya manusia dan sarana prasarana, Disposisi tanggapan/respon aparat, persepsi aparat, sikap aparat dan komitmen aparat dan Lingkungan Kebijakan. Simpulan penelitian ini, 1) Implementasi Peraturan Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah Terhadap Praktik Dana talangan Umrah di Kabupaten Kebumen sudah terimplementasikan walaupun masih terdapat PPIU yang belum mematuhui larangan tentang dana talangan umrah..2) Faktor yang mendorong dan menghambat Implementasi PMA Nomor 8 Tahun 2018 terhadap praktik pembiayaan dana talangan umrah oleh PPIU faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan implementasi peraturan ini adalah Faktor Komunikasi, Faktor Sumber Daya, Faktor Disposisi dan Faktor Lingkungan Kebijakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Dana Talangan, Umrah, Peraturan Menteri Agama. PPIU.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:16
Last Modified: 14 Jan 2021 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42978

Actions (login required)

View Item View Item