PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN RISIKO PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018)


Sherly Kemala Devi, 7311416145 (2020) PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN RISIKO PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN RISIKO PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Pertanian yang Terdaftar  di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018)]
Preview
PDF (PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN RISIKO PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018)) - Submitted Version
Download (585kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Devi, Sherly Kemala. 2020. “Pengaruh Struktur Modal dan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018)”. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri semarang. Pembimbing: Rini Setyo Witiastuti, S.E, M.M. Kata Kunci: Struktur Modal, Risiko Perusahaan, Nilai Perusahaan. Nilai perusahaan merupakan suatu hal yang penting karena dapat mempengaruhi pandangan investor mengenai kinerja perusahaan. Parameter yang digunakan untuk mengukur nilai perusahaan ini adalah Price to Book Value (PBV). Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu struktur modal (DER) dan risiko perusahaan (Beta) yang diduga berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu Price to Book Value (PBV). Terdapat inkonsistensi dari penelitian terdahulu mengenai nilai perusahaan yang menimbulkan kesenjangan penelitian, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal dan risiko perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2018 sebanyak 27 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 10 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan alat bantu menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yaitu struktur modalmemiliki pengaruh negatif signifikan terhadap variabel dependen penelitian ini yaitunilai perusahaan, sehingga meningkatnya struktur modal menyebabkan menurunnya nilai perusahaan. Variabel independen lainnya yaitu risiko perusahaan yang juga memiliki pengaruh negatif, namun tidak signifikan terhadap variabel dependen penelitian ini yaitu nilai perusahaan.Hasil tersebut menandakan bahwa perubahan tingkat risiko perusahaan tidak akan mempengaruhi perubahan pada nilai perusahaan. Manajemen perusahaan dan investor perlu memperhatikan rasio utang (DER) pada struktur modal, karena berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sebagai pertimbangan dalam memperolehdana dan keuntungan yang besar dari perusahaan. Saran pada peneliti selanjutnyadiharapkan dapat menambah objek lain, variabel independen lain,danteorilain yangbisa lebih menjelaskan variasi danpengaruh yang sebenarnya antar variabel dengan topik yang sejenis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Struktur Modal, Risiko Perusahaan, Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:33
Last Modified: 13 Jan 2021 04:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42967

Actions (login required)

View Item View Item