PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA KINERJA DIMEDIASI KEPUASAN KERJA DAN KETERIKATAN KERJA (Studi pada Karyawan CV. Sultan Tex Tegal)


Palupi Fitriamalisa, 7311416002 (2020) PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA KINERJA DIMEDIASI KEPUASAN KERJA DAN KETERIKATAN KERJA (Studi pada Karyawan CV. Sultan Tex Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA KINERJA DIMEDIASI KEPUASAN KERJA DAN KETERIKATAN KERJA (Studi pada Karyawan CV. Sultan Tex Tegal)]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA KINERJA DIMEDIASI KEPUASAN KERJA DAN KETERIKATAN KERJA (Studi pada Karyawan CV. Sultan Tex Tegal)) - Submitted Version
Download (679kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Palupi Fitriamalisa. 2020. Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi pada Kinerja Dimediasi Kepuasan Kerja dan Keterikatan Kerja (Studi pada Karyawan CV. Sultan Tex Tegal). Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pemimbing: Nury Ariani W., S.E., M.Sc.. Kata Kunci: Persepsi Dukungan Organisasi, Kepuasan Kerja, Keterikatan Kerja, Kinerja Kinerja merupakan pencapaian hasil kerja karyawan dalam melaksanakan tugasnya yang dilaksanakan dengan tanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi. Kinerja dapat diukur melalui seberapa efektif karyawan memanfaatkan sumber daya organisasi dan kehadiran karyawan. Kinerja dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti persepsi dukungan organisasi, kepuasan kerja, dan keterikatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi kepuasan kerja dan keterikatan kerja dalam hubungan persepsi dukungan organisasi pada kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Sultan Tex Tegal. Pengambilan sampel mengunakan teknik pengambilan proportionate random sampling dan perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus proportionate random sampling yang diketahui sebesar 135 karyawan CV. Sultan Tex Tegal. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan program SmartPLS 3. Hasil pengujian langsung menunjukkan bahwa persepsi dukungan organisasi mempunyai pengaruh signifikan pada kepuasan kerja dan keterikatan kerja. Selain itu kepuasan kerja berpengaruh signifikan pada kinerja. Namun, dalam penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dukungan organisasi dan keterikatan kerja memiliki pengaruh tidak signifikan pada kinerja. Disisi lain, kepuasan kerja berpengaruh signifikan dalam memediasi pengaruh persepsi dukungan organisasi pada kinerja. Namun, keterikatan kerja tidak berpengaruh signifikan dalam memediasi pengaruh persepsi dukungan organisasi pada kinerja. Simpulan dari penelitian ini adalah persepsi dukungan organisasi memiliki peran penting untuk meningkatkan kepuasan kerja dan keterikatan kerja. Selain itu kepuasan kerja juga memiliki peran penting untuk meningkatkan kinerja dan dapat memediasi pengaruh persepsi dukungan organisasi pada kinerja. Namun, keterikatan kerja tidak memiliki peran dalam memediasi pengaruh persepsi dukungan organisasi pada kinerja. Saran untuk CV. Sultan Tex Tegal untuk membuat kebijakan baru mengenai kehadiran karyawan dan memberikan rewards kepada karyawan dengan pencapaian yang baik, serta mengadakan gathering untuk meningkatkan kerja sama yang baik antar karyawan agar dapat meningkatkan kinerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Persepsi Dukungan Organisasi, Kepuasan Kerja, Keterikatan Kerja, Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:30
Last Modified: 13 Jan 2021 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42965

Actions (login required)

View Item View Item