Tingkat Kecurangan Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2015 dalam Prespektif Fraud Triangle


Lulu Musthofia, 7101413309 (2020) Tingkat Kecurangan Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2015 dalam Prespektif Fraud Triangle. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tingkat Kecurangan Akademik Mahasiswa  Fakultas Ekonomi Angkatan 2015  dalam Prespektif Fraud Triangle]
Preview
PDF (Tingkat Kecurangan Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2015 dalam Prespektif Fraud Triangle) - Submitted Version
Download (667kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Lulu’ Musthofia, 2020. “Tingkat Kecurangan Akademik Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Angkatan 2015 dalam Prespektif Fraud Triangle “.Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Kusmuriyanto, M.Si. Kata kunci: Kecurangan akademik, Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Fraud Triangle Kecurangan akademik mahasiswa merupakan suatu tindakan tidak jujur melanggar etika dalam lingkup akademik yang dilakukan oleh mahasiswa dan merugikan pihak lain . Penelitian ini bertujuan mengetahui kecurangan akademik pada setiap jurusan dengan konsep fraud triangle yang terdiri dari tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2015 bejumlah 902 mahasiswa orang. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 270 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data melalui angket dengan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara antara variabel tekanan dan kecurangan akademik. Sedangkan pada variabel kesempatan terdapat pengaruh signifikan terhadap terhadap kecurangan akademik (33,9%) dan terdapat pengaruh variabel rasionalisasi terhadap kecurangan akademik (61,7%). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku kecurangan akademik dipengaruhi oleh variabel kesempatan dan variabel rasionalisasi. Sementara itu, variabel tekanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kecurangan akademik. Maka dari itu, saran yang dapat diberikan bagi universitas yaitu perlu adanya penambahan materi tentang rasionalisasi saat perwalian, sebelum ujian dan setelah ujian sebagai evaluasi. Perlu adanya penambahan sanksi edukatif dengan cara hukuman memilah sampah atau melakukan pengabdian. Perlu adanya peningkatan dan mempertahankan kebiasaan positif yang sudah ada seperti kolaborasi antar warga kampus sehingga dapat menghilangkan penyebab munculnya variabel kesempatan dan rasionalitas. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan indikator lain, memperluas objek penelitian, menggunakan metode analisis lain, dan mengembangkan model di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kecurangan akademik, Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Fraud Triangle
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 13 Jan 2021 03:38
Last Modified: 13 Jan 2021 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42956

Actions (login required)

View Item View Item