PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK
Hendrik Purnama, 5202416001 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android sistem pengapian elektronik pada kompetensi dasar memahami prinsip kerja sistem pengapian elektronik dan merawat berkala sistem pengapian elektronik, mengetahui kelayakan media, peningkatan pemahaman peserta didik dan tanggapan peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil uji kelayakan produk diperoleh persentase 84% untuk ahli media dan 96% untuk ahli materi, sehingga memenuhi kategori sangat layak. Untuk hasil analisis peningkatan pemahaman peserta didik menunjukan ada peningkatan pemahaman peserta didik dengan skor perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 13,57 sedangkan ttabel 2,04. Uji N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,5 dengan kriteria peningkatan sedang. Analisis tanggapan peserta didik memperoleh sebesar 83,9% dengan kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, Sistem Pengapian Elektronik, ADDIE |
Subjects: | T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 01:55 |
Last Modified: | 13 Jan 2021 01:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42950 |
Actions (login required)
View Item |