PENGARUH VARIASI SPRING DAN MASSA ROLLER CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERFORMA HONDA VARIO 125CC PGM FI


Yanwar Dwi Prasetyo, 5202413055 (2020) PENGARUH VARIASI SPRING DAN MASSA ROLLER CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERFORMA HONDA VARIO 125CC PGM FI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH VARIASI SPRING DAN MASSA ROLLER CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERFORMA HONDA VARIO 125CC PGM FI]
Preview
PDF (PENGARUH VARIASI SPRING DAN MASSA ROLLER CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERFORMA HONDA VARIO 125CC PGM FI) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Transmisi Otomatis telah menarik perhatian produsen karena dapat memberikan manfaat transmisi otomatis: efisiensi tinggi, biaya rendah, berat transmisi otomatis rendah, perpindahan gigi halus dan kenyamanan transmisi otomatis disbanding dengan transmisi manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan performa mesin dengan memvariasikan jarak pitch coil pegas dan massa roller CVT(Continously Variable Transmision) pada sepeda motor automatic. Objek penelitian dilakukan pada kendaraan Honda Vario 125 PGM FI tahun 2013. Performa mesinyang diperoleh dari penelitian berupa nilai torsi dan daya dengan pengambilan data menggunakan alat dynotest. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dimana torsi dan daya diuji menggunakan dynotest. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa teoritis dan empirik kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Data yang dihasilkan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan adanya perbedaan torsi dan daya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pegas CVT dengan jarak pitch coil 26,7mm mampu menghasilkan daya kendaraan terbesar dengan menggunakan roller 9 gram pada kecepatan menengah senilai 10,8hp dan pegas dengan jarak pitch coil 27,8mm menghasilkan daya kendaraan terbesar dengan menggunakan roller 9 gram pada kecepatan menengah senilai 10,6hp. Roller CVT dengan berat 18 gram mampu menghasilkan torsi maksimum pada penggunaan pegas 26,7 mm senilai 23,55 N.m maupun dengan menggunakan pegas 27,8mm senilai 24.50 N.m. Pegas dengan jarak pitch coil 26,7mm dan roller 9 gram yang mampu menghasilkan gaya dorong kendaraan terbesar pada kecepatan rendah lebih cocok digunakan untuk berakselerasi di jalan kota.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transmisi otomatis, roller CVT, pegas CVT, dan peforma
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Jan 2021 01:29
Last Modified: 13 Jan 2021 01:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42947

Actions (login required)

View Item View Item