ANALISIS PERCEPATAN WAKTU DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA MENGUNAKAN METODE CRASHING DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA (LEMBUR) Studi kasus: Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Universitas Islam Negeri Walisongo, Kota Semarang, Jawa Tengah.


Aldhesta Bangkit Annas Maulana, 5113416025 (2020) ANALISIS PERCEPATAN WAKTU DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA MENGUNAKAN METODE CRASHING DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA (LEMBUR) Studi kasus: Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Universitas Islam Negeri Walisongo, Kota Semarang, Jawa Tengah. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS PERCEPATAN WAKTU DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA MENGUNAKAN METODE CRASHING DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA (LEMBUR) Studi kasus: Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Universitas Islam Negeri Walisongo, Kota Semarang, Jawa Tengah.]
Preview
PDF (ANALISIS PERCEPATAN WAKTU DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA MENGUNAKAN METODE CRASHING DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA (LEMBUR) Studi kasus: Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Universitas Islam Negeri Walisongo, Kota Semarang, Jawa Tengah.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembangunan sebuah proyek konstruksi kerap terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti terjadinya keterlambatan pekerjaan pada proyek. Keterlambatan pekerjaan proyek pelaksanaan yang mengalami keterlambatan perlu dilakukan percepatan. Salah satu metode percepatan dengan alternatif penambahan jam kerja (lembur) yang dilakukan yaitu crashing program dengan pengurangan durasi proyek agar dapat mengejar prestasi yang tertinggal pada waktu-waktu sebelumnya dengan melakukan analisis jaringan kerja. Data yang dibutuhkan dalam penelitiam ini adalah data sekunder berupa datat time schedule, rencana anggaran biaya proyek. Hasil analisis pada proyek pembangunan Gedung Perkuliahan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Walisongo, Kota Semarang Jawa Tengah, diketahui total anggaran biaya proyek dalam kondisi sesudah crashing dengan alternatif penambahan jam kerja maksimal selama empat jam didapat sebesar Rp 20.221,318,481.22 atau lebih mahal 0.9% dari total anggaran biaya peoyek pada kondisi normal dan durasi pelaksanaan proyek didapat 209 hari kerja atau lebih cepat 20,83% dari durasi normal sebelum crashing. Dari penelitian ini di simpulkan bahwa dengan meneraokan sistem penambahan jam kerja merupakan alternatif program crashing yang efektif dan ekonomis, karena dengan menerapkan sistem penambahan jam kerja durasi lebih cepat dan anggaran total biaya proyek tidak terlalu besar dari biaya anggaran normal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Percepatan Proyek, Metode Crashing, Waktu dan Biaya, Manajemen
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Jan 2021 01:23
Last Modified: 13 Jan 2021 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42945

Actions (login required)

View Item View Item