PENGEMBANGAN MODUL DYNAMIC BLOCK SEBAGAI SARANA PEMBUATAN DATABASE GAMBAR DIGITAL PADA MATA KULIAH KOMPUTER GRAFIS 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN


Farkhan Al Fadila, 5101415007 (2020) PENGEMBANGAN MODUL DYNAMIC BLOCK SEBAGAI SARANA PEMBUATAN DATABASE GAMBAR DIGITAL PADA MATA KULIAH KOMPUTER GRAFIS 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL DYNAMIC BLOCK SEBAGAI SARANA PEMBUATAN DATABASE GAMBAR DIGITAL PADA MATA KULIAH KOMPUTER GRAFIS 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL DYNAMIC BLOCK SEBAGAI SARANA PEMBUATAN DATABASE GAMBAR DIGITAL PADA MATA KULIAH KOMPUTER GRAFIS 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Mata Kuliah Komputer Grafis 1 salah satu mata kuliah wajib yang harus di tempuh oleh mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Mata kuliah ini terdiri dari teori dan praktik yang mencakup tentang bagaimana menggambar dengan menggunakan perangkat lunak atau komputer melalui program aplikasi AutoCAD. Salah satu materi yang di ajaran pada mata kuliah ini adalah tentang pembuatan database gambar digital dengan menggunakan dynamic block. Pengembangan modul dirancang dengan menganalisis kebutuhan mahasiswa, karakteristik materi, dan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data kuisioner. Kuisioner di gunakan untuk mendapatkan data kebutuhan mahasiswa sebelum modul dikembangkan dan menentukan hasil persepsi mahasiswa setelah modul di kembangkan dengan desain baru. Pengujian validitas oleh ahli media dan materi juga menggunakan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada angket persepsi mahasiswa terhadap modul dynamic block yang lama mendapatkan nilai rata-rata 64,8% dengan kategori cukup valid artinya boleh digunakan jika modul telah direvisi besar. Hasil analisis dari angket kebutuhan mahasiswa pada aspek pengetahuan dan ketrampilan terhadap materi dynamic block mendapatkan nilai rata-rata 47,5 % dalam kategori sangat kurang mengetahui dan pada aspek Kebutuhan mahasiswa terhadap sumber belajar dan pengembangan modul mendapatkan nilai rata-rata 90% dengan kategori sangat membutuhkan. Berdasarkan angket kebutuhan mahasiswa, modul yang diinginkan adalah pengembangan modul yang di sertai video tutorial didalamnya untuk membantu mahasiswa dalam memahami langkah-langkah pembuatan dynamic block menjadi database gambar. Penilaian yang didapatkan oleh ahli materu sebesar 90% dalam kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkahn penilaian oleh ahli media sebesar 92,5% dalam kategori layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil angket persepsi mahasiswa terhadap modul yang telah dikembangkan sebesar 91,1% dalam kategori sangat valid artinya modul sangat baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Dynamic Block, Komputer Grafis 1
Subjects: T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Jan 2021 01:13
Last Modified: 13 Jan 2021 01:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42943

Actions (login required)

View Item View Item