PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SMA NEGERI SE-KOTA MAGELANG


Reksi Fahrian Adikusuma, 7101415004 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SMA NEGERI SE-KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415004.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan Indonesia tergolong rendah, berdasarkan data UNESCO Indonesia di tahun 2016 pada peringkat 57 dari 64 negara dan pada tahun 2017 Idonesia peringkat 5 di ASEAN. Namun demikian berkaitan dengan teknologi yang paling popular saat ini yaitu smartphone dalam hasil survey Cambridge internasional pada mei 2018 menyatakan bahwa 81% siswa Indonesia menggunakan smartphone mereka untuk mengerjakan PR, 67% peserta didik menggunakan smartphone didalam pembelajaran kelas, dan 39% peserta didik menggunakan komputer. Penggunaan teknologi apabila dimanfaatkan dengan benar seharusnya akan meningkatkan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan Indonesia salah satunya terwujud dalam hasil belajar siswa di semua jenjang pendidikan. Pada tahun 2018 Kota Magelang merupakan daerah dengan rata-rata nilai ujian nasional mata pelajaran ekonomi tertinggi di Jawa Tengah dengan rata-rata nilai 67,81. Meskipun demikian Kota Magelang tidak menjamin terlepas dari permasalahan pendidikan pada umumnya seperti penggunaan smartphone, motivasi belajar dan disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu ada tidaknya pengaruh penggunaan smartphone, motivasi belajar, dan disiplin terhadap hasil belajar ekonomi baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi seluruh peserta didik IPS kelas X dan XII Magelang berjumlah 1.117 dengan sampel sebanyak 92 peserta didik Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling selanjutnya menggunakan teknik propotionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini statistik inferensial menggunakan jenis statistik parametris Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan penggunaan smartphone, motivasi belajar, dan disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi sebesar R2 = 78,6%. Secara parsial masing-masing variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Sebesar r2= 46,1% pengaruh peggunaan smartphone, sebesar r2= 42,51% pengaruh motivasi belajar, dan sebesar r2= 32,15% pengaruh disiplin belajar. Oleh karena itu, berdasarkan temuan tersebut peserta didik dan sekolah diharapkan mampu meningkatkan penggunan smartphone untuk menunjang pembelajarannya ,menanamkan sikap disiplin untuk peserta didiknya agar disiplin dalam belajar di sekolah dan memotivasi peserta didik agar selalu bersemangat dalam belajar di sekolah untuk memperoleh nilai yang tinggi dan meraih cita-cita dimasa depan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Disiplin, Motivasi, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Jan 2021 08:40
Last Modified: 12 Jan 2021 08:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42921

Actions (login required)

View Item View Item