MINAT DAN MOTIVASI MENGIKUTI PEMBELAJARAN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI DI KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020


Nani Sri Narni, 6301416071 (2020) MINAT DAN MOTIVASI MENGIKUTI PEMBELAJARAN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI DI KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301416071.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena kurangnya tenaga mengajar, sarana dan prasarana disekolah, serta pembelajaran yang dilaksanakan dengan bentuk olahraga yang sesungguhnya. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana antusias minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bolavoli? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan antusias minat dan motivasi siswa mengikuti pembelajaran bolavoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sasaran peneliti yaitu SD Negeri di Kecamatan Kedu. Subyek penelitian adalah: (1) Kepala Sekolah (2) Guru pendidikan jasmani (3) siswa kelas IV dan V. Metode pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian, aspek intriksik minat dimana nilai yang terkandung didalamnya seperti rasa senang atau ketertarikan menjadikan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran bolavoli SD Negeri Di Kecamatan Kedu sangat tinggi, aspek intriksik motivasi adanya dorongan keluarga yang mendukung anaknya untuk mengikuti pembelajaran bolavoli menjadi motivasi siswa mengikuti pembelajaran bolavoli SD Negeri Di Kecamatan Kedu. Aspek ekstrinsik dimana faktor lingkungan yang berkaitan dengan cuaca menjadikan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran bolavoli SD Negeri Di Kecamatan Kedu. Simpulan penelitian ini adalah aspek intriksi minat dan motivasi siswa menjadi pendorong pembelajaran bolavoli SD Negeri Di Kecamatan Kedu, dan aspek ekstrinsik menjadi kendala pembelajaran bolavoli SD Negeri Di Kecamatan Kedu. Saran, penyelenggarakan pembelajaran bolavoli sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat agar mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat dan Motivasi Mengikuti Pembelajaran Bolavoli Kelas IV dan V Sekolah Dasar
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:44
Last Modified: 12 Jan 2021 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42904

Actions (login required)

View Item View Item