HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI (EQ) DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL PUKULAN GATTING WOODBALL PADA EKS-ATLET PUTRA PORPROV 2018 KARESIDENAN PATI


JOHAN FAUJI, 6301416045 (2020) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI (EQ) DAN EFIKASI DIRI DENGAN HASIL PUKULAN GATTING WOODBALL PADA EKS-ATLET PUTRA PORPROV 2018 KARESIDENAN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301416045.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Olahraga woodball salah satunya ditentukan faktor psikologis yaitu kecerdasan emosi (EQ) dan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan Emosi (EQ) dan efikasi diri dengan hasil pukulan gatting woodball. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan teknik tes. Populasi penelitian, eks-atlet porprov 2018 karesidenan Pati dan sampel sejumlah 15 atlet pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan : 1) tes kecerdasan emosi, 2) tes efikasi diri dan 3) tes ketepatan pukulan gatting woodball. Analisis data menggunakan korelasi dan regresi berganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian: hasil korelasi ada hubungan kecerdasan emosi (EQ) dan efikasi diri dengan hasil pukulan gatting woodball. berdasarkan hasil perhitungan uji regresi linier berganda diperoleh nilai rhitung = 0.831 dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Kesimpulan ada hubungan kecerdasan emosi (EQ) dan efikasi diri dengan hasil pukulan gatting woodball pada eks-atlet putra porprov 2018 Karesidenan Pati. Saran Bagi pelatih woodball di daerah supaya memperhatikan faktor psikologis dalam latihan untuk dapat meningkatkan mental para atlet woodball

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Efikasi Diri, Gatting Woodball
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:37
Last Modified: 12 Jan 2021 07:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42903

Actions (login required)

View Item View Item