STRATEGI MARKETING POLITIK DPC PARTAI DEMOKRASI INDONESIA-PERJUANGAN (PDI-P) KOTA SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN CITRA POSITIF DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020


Pungki Melati Sukma, 3312416049 (2020) STRATEGI MARKETING POLITIK DPC PARTAI DEMOKRASI INDONESIA-PERJUANGAN (PDI-P) KOTA SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN CITRA POSITIF DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI MARKETING POLITIK DPC PARTAI DEMOKRASI INDONESIA-PERJUANGAN (PDI-P) KOTA SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN CITRA POSITIF DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020]
Preview
PDF (STRATEGI MARKETING POLITIK DPC PARTAI DEMOKRASI INDONESIA-PERJUANGAN (PDI-P) KOTA SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN CITRA POSITIF DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020)
Download (535kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pungki Melati Sukma. 2020. Strategi Marketing Politik DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Semarang dalam Meningkatkan Citra Positif di Kota Semarang Tahun 2020. Jurusan Politik dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Moh. Aris Munandar, S.Sos Kata Kunci : Marketing politik, Citra Positif, PDIP Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDIP) selalu menjadi jajaran partai yang selalu naik pada kontestasi politik Semarang. Partai dengan lambang banteng ini selalu mendapatkan suara yang tinggi di Semarang, dan dapat dikatakan bahwa PDIP selalu mendominasi kontes Politik yang ada di Semarang. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui strategi marketing politik DPC PDIP Kota Semarang dalam meningkatkan citra positif PDIP Kota Semarang Tahun 2020. (2) Untuk mengetahui hambatan serta solusi apa saja yang di dapat dalam menerapkan strategi marketing politik DPC PDIP Kota Semarang dalam meningkatkan citra positif PDIP Kota Semarang Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, dengan pendekatan deskriptif dengan cara mencari keterangan-keterangan secara rinci terkait strategi marketing politik dalam meningkatkan citra positif PDIP pada masyarakat Kota Semarang. Lokasi penelitian Dewan Pengurus Cabang PDIP Kota Semarang. Pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Pengurus Harian DPC PDIP Kota Semarang, Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai DPC PDIP Kota Semarang, dan anggota DPRD Kota Semarang fraksi PDIP. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara kualitatif dan melakukan reduksi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Strategi Marketing yang digunakan oleh PDIP Kota Semarang dalam menarik simpati para pendukungnya ialah dengan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang ada sesuai dengan daerah-daerah para kadernya berasal. PDIP lebih menjual kader-kader mereka yang sudah menjadi orang-orang penting dalam pemerintahan untuk menarik minat dan juga meningkatkan citra positif mereka di mata masyarakat. PDIP mendidik kader-kader tersebut dengan pendidikan politik yang selalu mereka lakukan, untuk menciptakan kader-kader yang kompeten. Sehinga citra positif PDIP dalam masyarakat tidak menurun. Faktor penghambat utama dalam menerapkan pendekatan strategi tersebut adalah adanya berita-berita hoax yang tidak tahu dari mana sumbernya. Tetapi, mereka sudah mempunyai tim yang bertugas memberikan pengertian kepada masyarakat, bahwa jangan mudah terpengaruh dengan berita-berita yang sumbernya tidak pasti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Marketing politik, Citra Positif, PDIP
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
J Political Science > JS Local government Municipal government > Political Behavior
J Political Science > Government
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:26
Last Modified: 12 Jan 2021 07:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42898

Actions (login required)

View Item View Item