HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA SD NEGERI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG


RIRIN AGUSTINA, 1401416113 (2020) HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA SD NEGERI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA SD NEGERI KECAMATAN UNGARAN TIMUR  KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA SD NEGERI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG) - Submitted Version
Download (573kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ririn Agustina 2020. Hubungan Variasi gaya mengajar Dan Keaktifan Siswa Dengan Kemampuan Berkomunikasi Siswa SDN Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Eko Purwanti, M.Pd. 304 halaman. Kemampuan berkomunikasi siswa perlu ditingkatkan untuk menghadapi abad 21. Berdasarkan pra penelitian siswa cenderung pasif dalam bertanya,kemampuan berkomunikasi siswa dipengaruhi oleh variasi gaya mengajar dan keaktifan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan variasi gaya mengajar dengan kemampuan berkomunikasi siswa, menguji hubungan keaktifan siswa dengan kemampuan berkomunikasi siswa, menguji hubungan antara variasi gaya mengajar dan keaktifan siswa secara bersama-sama dengan kemampuan berkomunikasi siswa SDN Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 186 siswa dan sampel berjumlah 128 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas,uji multikolinearitas, uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan antara variasi gaya mengajar dengan kemampuan berkomunikasi siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,809; (2) terdapat hubungan antara keaktifan siswa dengan kemampuan berkomunikasi siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,909; (3) terdapat hubungan antara variasi gaya mengajar dan keaktifan siswa secara berama-sama dengan kemampuan berkomunikasi siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,915. Simpulan penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan variasi gaya mengajar dengan kemampuan berkomunikasi siswa kelas III. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa dengan kemampuan berkomunikasi siswa kelas III. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar dan keaktifan siswa secara bersama-sama denagn kemampuan berkomunikasi siswa kelas III. Disarankan siswa dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan dengan meningkatkan indikator variasi gaya mengajar yang masih lemah yaitu perubahan posisi dan dapat meningkatkan indikator keaktifan siswa yang masih lemah yaitu indikator bertanya kepada siswa lain atau guru. Kata Kunci: keaktifan siswa;kemampuan berkomunikasi;variasi gaya mengajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa;kemampuan berkomunikasi;variasi gaya mengajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > teacher competence
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:02
Last Modified: 12 Jan 2021 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42896

Actions (login required)

View Item View Item