PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP PERILAKU PETANI DALAM PENGELOLAAN USAHA TANI PADI DENGAN SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI DESA LEBAK MEKAR KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON


Indah Lestari, 3201416001 (2020) PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP PERILAKU PETANI DALAM PENGELOLAAN USAHA TANI PADI DENGAN SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI DESA LEBAK MEKAR KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH  TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP PERILAKU PETANI DALAM PENGELOLAAN USAHA TANI PADI  DENGAN SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI DESA LEBAK MEKAR  KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON]
Preview
PDF (PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP PERILAKU PETANI DALAM PENGELOLAAN USAHA TANI PADI DENGAN SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI DESA LEBAK MEKAR KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON)
Download (494kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Lestari, Indah. 2020. Pengaruh Tingkat Pengetahuan TerhadapPerilaku Petani dalam Pengelolaan Usaha Tani Padi dengan Sistem Tanam Jajar Legowo di Desa Lebak Mekar Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Sriyono, M.Si. Kata Kunci: Pengetahuan, Perilaku, Jajar Legowo Pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan petani salah satunya memberikan penyuluhan tentang pengelolaan usaha tani padi dengan sistem tanam jajar legowo bertujuan untuk meningkatkat produktivitas padi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengetahuan petani dalam pengelolaan usaha tani padi dengan sistem tanam jajar legowo; 2) mengetahui perilaku petani dalam pengelolaan usaha tani padi; 3) menganalisis pengaruh pengetahuan terhadap perilaku dalam pengelolaan usaha tani padi dengan sistem tanam jajar legowo. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan jumlah populasi seluruh petani yang menerapkan sistem tanam jajar legowo yang berjumlah 35 petani. Sampel diambil dengan metode total sampling. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan jajar legowo dan perilaku pengelolaan usaha tani padi. Metode dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan petani tergolong dalam kriteria tinggi dengan rata-rata 68,27%, sedangkan untuk perilaku petani pengelolaan usaha tani padi tergolong dalam kriteria baik dengan rata-rata 64,19%. pengetahuan petani berpengaruh signifikan terhadap perilaku petani dalam pengelolaan usaha tani padi. Karena hasil uji hipotesis diketahui nilai thitung sebesar 2,225. Berdasarkan perhitungan hasil uji determinasi nilai R square = 0,130, hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh yang diberikan variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 0,130. Hasil regresi diketahui bahwa variabel pengetahuan memberikan pengaruh sebesar 13% terhadap variabel perilaku. Berdasrkan hasil diatas makan dapat ditemukan saran: 1) petani yang masuk dalam organisasi memberikan penyuluhan kepada petani yang tidak masuk dalam organisasi yang ada di Desa Lebak Mekar terkait bagaimana cara pengelolaan usaha tani padi dengan sistem tanam jajar legowo dengan baik; 2) Pemerintah memberikan wadah untuk meningkatkan minat generasi muda untuk bertani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengetahuan, Perilaku, Jajar Legowo
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 12 Jan 2021 06:44
Last Modified: 12 Jan 2021 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42889

Actions (login required)

View Item View Item