IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN E-SPORTS DI SMA 1 PERKUMPULAN SEKOLAH KRISTEN DJAKARTA


Daniel Rainhard Tarigan, 1102414091 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN E-SPORTS DI SMA 1 PERKUMPULAN SEKOLAH KRISTEN DJAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN E-SPORTS DI SMA 1 PERKUMPULAN SEKOLAH KRISTEN DJAKARTA]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN E-SPORTS DI SMA 1 PERKUMPULAN SEKOLAH KRISTEN DJAKARTA) - Submitted Version
Download (674kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rainhard, Daniel T. 2020. Implementasi Program Pembinaan E-Sports di SMA 1 Perkumpulan Sekolah Kristen Djakarta. Skripsi. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Wardi, M.Pd. Kata Kunci: implementasi, program, E-Sports, pembelajaran Perkembagan E-Sports sangat pesat tiap tahunnya berawal dari kekgiatan main game E-Sports sudah menjadi salah satu pilihan profesi dan juga sudah masuk kedalam salah satu cabang olah raga yang di pertandingkan dalam Asian games. SMA 1 PSKD adalah sekolah pertama di Indonesia yang memasukan E-Sports sebagai program pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pembinaan E-Sports di SMA 1 PSKD Jakarta. Fokus penelitian ini adalah: 1) perencanaan program pembinaan E-Sports, 2) pelaksanaan program pembinaan E-Sports, 3) evaluasi dan hambatan dalam pelaksanaan program pembinaan E-Sports. Lokasi penelitian adalah di SMA 1 PSKD Jakarta. Metode penelitian yaitu kualitatif deskiptif guna mendapatkan hasil yang jelas dalam rangka implementasi pendidikan E-Sports. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumen. Informan dalam penelitian ini meliputi: Kepala sekolah, Pembina sekaligus pelatih E-Sports dan peserta didik pembinaan E-Sports. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanan pendidikan E-Sports sesuai dengan Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Penjaringan minat sesuai dengan pilihan siswa serta penyediaan sumber daya seperti fasilitas, dan guru pengampu. Sedangkan perencanan pembelajaran belum mengunakan RPP. 2) Pelaksanan pembelajran E-Sports meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup yang dilakukan degan rutin selama 2 kali dalam seminggu perkategori game, kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di laboratorium E-Sports. 3) evaluasi yang meliputi kegiatan pemantauan hasil belajar siswa, diskusi perkembangan program, diskusi pemecahan masalah dalam kegiatan serta koordinasi keikutsertaan siswa dalam lomba. Faktor penghambat implementasi program pembinaan E-Sports di SMA 1 PSKD adalah masih minimnya kajian tentang pendidikan E-Sports di masyarakat. Temuan hasil penelitian ini diharapkan dapan bermanfaat 1) Bagi masyarakat sebagai bahan masukan, saran dan informasi mengenai implementasi program pembinaan E-Sports di sekolah. 2) Bagi lembaga dan Kepala sekolah sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas sekolah dan memajukan pendidikan degan nilai-nilai E-Sports. 3) Bagi peneliti sebagai bahan untuk memperluas wawasan dan belajar megenai program pembinaan E-Sports di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: implementasi, program, E-Sports, pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:18
Last Modified: 12 Jan 2021 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42882

Actions (login required)

View Item View Item