PENGEMBANGAN ANDROFLASH MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH
Aghnia Tias Sari, 4401415051 (2020) PENGEMBANGAN ANDROFLASH MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN ANDROFLASH MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi menuntut semua aspek untuk dapat mengikuti kemajuan teknologi dan informasi termasuk aspek pendidikan. Pendidikan abad ke-21 diarahkan pada penguasaan keterampilan 4-C, salah satunya yaitu berpikir analisis. Androflash media merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi (android) yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan analisisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan androflash media, menguji kelayakan androflash media, menganalisis hasil pembelajaran (kemampuan analisis) siswa setelah menggunakan androflash media pada materi Sistem Peredaran Darah. Desain penelitian yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Magelang kelas XI tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 4 Magelang dengan jumlah 125 siswa. Sampel ditentukan melalui teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 dengan jumlah 63 siswa. Data yang dikumpulkan berupa: (1) deskripsi karakteristik Androflash media yang disesuaikan dengan standar media android dari BSNP; (2) kelayakan produk yang diukur dengan validasi para ahli, tanggapan guru dan siswa menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif presentase; (3) hasil belajar (kemampuan analisis) yang diukur dengan instrumen tes dan dianalisis dengan presentase ketuntasan klasikal dan uji N-gain. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Androflash media telah sesuai dengan standar media android dari BSNP; (2) hasil validasi ahli materi sebesar 86.25 (sangat valid), validasi ahli media sebesar 92.5 (sangat valid), tanggapan guru sebesar 93.75 (sangat layak), tanggapan peserta didik sebesar 86.62 (sangat layak); (3) ketuntasan klasikal kedua kelas sebesar 78.12% dan 83.87% yang menunjukkan angka tersebut melebihi batas minimal sebesar ≥75%, dan N-gain siswa bervariasi dengan presentase rendah 1.58%, sedang 80.79%, dan tinggi 15.58%. Simpulan penelitian ini adalah androflash media berhasil dikembangkan dan sangat valid serta sangat layak digunakan pada materi Sistem Peredaran Darah untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa. Saran yang diajukan adalah perlu adanya perhatian agar tercipta keseimbangan untuk memanfaatkan media pembelajaran dengan tuntutan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Androflash Media, Kemampuan Berpikir Analisis, Sistem Peredaran Darah |
Subjects: | L Education > Special Education > Biology Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 01:14 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 01:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42878 |
Actions (login required)
View Item |