IMPLEMENTASI E-MODUL IPA TERPADU BERBASIS JOYFUL LEARNING TEMA SISTEM PERNAPASAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA


Ayu Ariana Rahmawati, 4001416056 (2020) IMPLEMENTASI E-MODUL IPA TERPADU BERBASIS JOYFUL LEARNING TEMA SISTEM PERNAPASAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI E-MODUL IPA TERPADU BERBASIS JOYFUL LEARNING TEMA SISTEM PERNAPASAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI E-MODUL IPA TERPADU BERBASIS JOYFUL LEARNING TEMA SISTEM PERNAPASAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di SMP Negeri 24 Semarang diketahui bahwa siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga menyebabkan kurang berkembangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu juga diketahui masih rendahnya kemandirian belajar siswa, sehingga diperlukan adanya variasi bahan ajar yang membuat aktif siswa dalam pembelajaran. Salah satu penggunaan bahan ajar yang dapat membuat aktif siswa dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta kemandirian belajar yaitu e-modul IPA Terpadu berbasis joyful learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan e-modul IPA Terpadu berbasis joyful learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Desain penelitian ini adalah quasi experimental dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah random sampling dan diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Pengaruh penggunaan e-modul IPA Terpadu berbasis joyful learning terhadap kemamapuan berpikir kritis dan kemandirian belajar diukur dan dianalisis dengan Uji t, analisis lembar observasi kemandirian belajar, dan analisis angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan analisis Uji t terhadap kemampuan berpikir kritis siswa memperlihatkan nilai thitung > ttabel yaitu 10,77741 > 2,0003 yang berarti bahwa ada perbedaan signifikan, adanya perbedaan menunjukkan adanya pengaruh. Hasil analisis pengaruh e-modul IPA Terpadu berbasis joyful learning terhadap kemandirian belajar ditunjukkan oleh hasil uji beda yang menunjukkan adanya perbedaan yaitu nilai r = 0,9319 dan koefisien determinasi (KD) sebesar 86,84%. Hasil penelitian juga didukung oleh respon baik siswa sebesar 83,87%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan e-modul IPA Terpadu berbasis joyful learning tema sistem pernapasan sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-modul, joyful learning, kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Skills Educations
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jan 2021 00:38
Last Modified: 11 Jan 2021 00:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42873

Actions (login required)

View Item View Item