PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) BERBANTUAN e-LKPD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP WIRAUSAHA PESERTA DIDIK


Erlinda Eka Kurniawati, 4301416074 (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) BERBANTUAN e-LKPD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP WIRAUSAHA PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) BERBANTUAN e-LKPD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP WIRAUSAHA PESERTA DIDIK]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) BERBANTUAN e-LKPD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP WIRAUSAHA PESERTA DIDIK) - Submitted Version
Download (464kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kurniawati, Erlinda Eka. 2020. Pengaruh Model Project Based Learning Berorientasi Chemoentrepreneurship Berbantuan e-LKPD Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Wirausaha Peserta Didik. Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas negeri Semarang. Pembimbing Utama Dr. Sri Susuilogati Sumarti, M. Si. Kata Kunci : Keterampilan proses sains, sikap wirausaha, project based laearning, Chementrepreneurship, dan hidrolisis garam Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) dapat membantu peserta didik menumbuhkan proses pembelajaran serta mengembangkan kemampuan berbagai aspek termasuk keterampilan proses sains dan sikap wirausaha. Penelitian ini bertujuan mengatui pengaruh pembelajaran PjBL berorientasi CEP berbantuan e-LKPD terhadap keterampilan proses sains dan sikap wirausaha peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 15 Semarang. Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design dengan desain penelitian yaitu control group pre test-post test design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan pertimbangan uji normalitas dan uji homogenitas nilai keterampilan mata pelajaran kimia. Kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes (pre test dan post test), metode non tes (observasi dan angket), serta metode dokumentasi. Teknik analisis keterampilan proses sains yang digunakan yaitu uji kesamaan dua varians, uji hipotesis, uji pengaruh dua variabel, penentuan koefisien determinasi. Hasil penelitian rata-rata nilai post test keterampilan proses sains peserta didik kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan nilai thitung (16,7810) > ttabel (1,6684). Analisis pengaruh dua variabel menghasilkan nilai koefisien biserial sebesar 0,5964 dengan kategori berpengaruh sedang. Penentuan koefisien determinasi sebesar 36%. Analisis sikap wirausaha uji rata-rata skor observasi menghasilkan skor kelompok eksperimen di semua indikator lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan PjBL berorientasi CEP berbantuan e-LKPD berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan sikap wirausaha peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Semarang pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains, sikap wirausaha, project based laearning, Chementrepreneurship, dan hidrolisis garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 10 Jan 2021 00:40
Last Modified: 10 Jan 2021 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42868

Actions (login required)

View Item View Item