PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, GENDER, TINGKAT PENDAPATAN, LAMA USAHA, DAN USIA PENGELOLA TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN PELAKU UMKM BATIK TULIS LASEM


Gemala Wahyu Isani, 7311416174 (2020) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, GENDER, TINGKAT PENDAPATAN, LAMA USAHA, DAN USIA PENGELOLA TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN PELAKU UMKM BATIK TULIS LASEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, GENDER, TINGKAT PENDAPATAN, LAMA USAHA, DAN USIA PENGELOLA TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN PELAKU UMKM BATIK TULIS LASEM]
Preview
PDF (PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, GENDER, TINGKAT PENDAPATAN, LAMA USAHA, DAN USIA PENGELOLA TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN PELAKU UMKM BATIK TULIS LASEM)
Download (472kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Isani, Gemala Wahyu. 2020. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Gender, Tingkat Pendapatan, Lama Usaha, dan Usia Pengelola Terhadap Tingkat Literasi Keuangan Pelaku Usaha UMKM Batik Tulis Lasem” Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Anindya Ardiansari, S.E., M.M. Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Gender, Tingkat Pendapatan, Lama Usaha, Usia, Literasi Keuangan. Tingkat literasi keuangan Indonesia pada tahun 2019 baru mencapai 38% serta ranking urusan pembinaan UMKM Indonesia berada di urutan 4 se-ASEAN. Posisi itu masih kalah di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Peneliti memilih objek pada pelaku UMKM Batik Tulis Lasem karena para pelaku UMKM Batik Tulis Lasem masih mengelola keuangannya secara tradisional/konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tingkat pendidikan, gender, tingkat pendapatan, lama usaha, dan usia pengelola terhadap tingkat literasi keuangan pelaku usaha UMKM Batik Tulis Lasem. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dan metode analisis linear berganda. Metode survei yang dimaksud adalah peneliti memberikan sejumlah pertanyaan atau kuesioner kepada responden. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat pendidikan dan lama usaha memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tingkat literasi keuangan pelaku UMKM Batik Tulis Lasem. Sedangkan tingkat pendapatan dan usia pengelola tidak memiliki pengaruh terhadap literasi keuangan pelaku UMKM Batik Tulis Lasem. Pada variable gender terdapat perbedaan pengaruh gender pelaku UMKM Batik Tulis Lasem. Pelaku UMKM yang berjenis kelamin perempuan memiliki tingkat literasi keuangan yang lebih tinggi dibanding laki-laki. Saran dari penelitian ini adalah Bagi UMKM Batik Tulis Lasem, untuk meningkatkan tingkat melek keuangan pada pelaku UMKM hendaknya dilakukan berbagai sosialisasi supaya persentase melek keuangan bisa lebih tinggi dari tahun 2019. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas ruang lingkup terkait variabel maupun teknik analisis datanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Gender, Tingkat Pendapatan, Lama Usaha, Usia, Literasi Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 09 Jan 2021 18:32
Last Modified: 09 Jan 2021 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42861

Actions (login required)

View Item View Item