(ABSTRAK)PENGARUH KARAKTERISTIK BINTANG IDOLA IKLAN (CELEBRITY ENDORSER) DAN CITRA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DI KOTA SEMARANG

ADHI YUSTIANTO FAROHIDI . , 3352404576 (2009) (ABSTRAK)PENGARUH KARAKTERISTIK BINTANG IDOLA IKLAN (CELEBRITY ENDORSER) DAN CITRA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH KARAKTERISTIK BINTANG IDOLA IKLAN (CELEBRITY ENDORSER) DAN CITRA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (148Kb)

    Abstract

    Keputusan pembelian yang dilakukan oleh seorang konsumen dalam melakukan pembelian sebuah produk seringkali melibatkan pertimbanganpertimbangan yang sangat kompleks seperti halnya dalam pembelian sebuah sepeda motor. Salah satu pertimbangannya adalah bintang iklan yang sesuai dengan produk diiklankannya dengan maksud untuk menarik minat konsumen untuk membeli. Selain itu citra produk juga dapat menentukan konsumen dalam melakukan pembelian, sebab dengan citra produk yang bagus akan memberikan kesadaran produk dalam benak konsumen sehingga akan terjadi keputusan berulang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh karakteristik bintang idola iklan terhadapkeputusan pembelian produk sepeda motor merek Honda di kota Semarang? (2) Adakah pengaruh citra produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di kota Semarang? Dan (3) Adakah pengaruh karakteristik bintang idola iklan dan citra produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di kota Semarang. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pengaruh karakteristik bintang idola iklan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di kota Semarang (2) Untuk mengetahui pengaruh citra produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di kota Semarang (3) Untuk mengetahui pengaruh antara variabel karakteristik bintang idola iklan dan citra produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian sepeda motor merek Honda di kota semarang sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel berjumlah 30 orang dilakukan dengan metode incidental sampling atau sampling kebetulan.Variabel yang diteliti dalam penelitian ini, yaitu (1) Karakteristik Bintang Idola Iklan, (2) Citra Produk, dan (3) Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan alat analisis Deskriptif Persentase dan Regresi Linier Berganda. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi : Y = 0,564 +0,302 X1 + 0,740 X2. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F diperoleh Sig.F = 162,710 dengan harga signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,05, yang berarti ada pengaruh karakteristik bintang idola iklan dan citra produk terhadap keputusan pembelian. Hasil uji parsial diperoleh t1 = 3,095 dengan nilai sig.t = 0,03 atau < 0,05, hal ini berarti ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan t2 = 9,391 dengan nilai sig.t = 0,03<0,05, hal ini berarti ada pengaruh citra produk terhadap keputusan pembelian. Persamaan regresi linier berganda yaitu bahwa variabel karakteristik bintang idola iklan dancitra produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variabel citra produk (69%) memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian konsumen ix daripada variabel karakteristik bintang idola iklan (30%). Melalui koefisien determinasi persamaan regresi linier berganda yang diperoleh, ternyata variabel karakteristik bintang idola iklan dan citra produk hanya bisa menjelaskan sebesar 76,6% keputusan pembelian konsumen terhadap sepeda motor Honda di kota Semarang. Kesimpulan bahwa karakteristik bintang idola iklan berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di kota Semarang. Variabel citra produk ini merupakan faktor yang lebih berpengaruh terhadap penurunan keputusan pembelian sepeda motor Hondadi Kota Semarang. Oleh karena itu bagi para konsumen yang akan melakukan keputusan pembelian hendaknya lebih mempertimbangkan citra produk dengan melihat kualitas dan manfaat yang diperoleh dari produk yang dibelinya tetapi dengan harga yang relatif terjangkau.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Iklan, Citra Produk, Keputusan Pembelian
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 21 Sep 2011 02:42
    Last Modified: 21 Sep 2011 02:42

    Actions (login required)

    View Item