Pengaruh Promosi dan Kecerdasan Emosional pada Komitmen Karir melalui Kepuasan Kerja sebagai Pemediasi (Studi pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan serta Sekretariat Daerah di Kabupaten Banjarnegara)


Maudy Donisya, 7311416003 (2020) Pengaruh Promosi dan Kecerdasan Emosional pada Komitmen Karir melalui Kepuasan Kerja sebagai Pemediasi (Studi pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan serta Sekretariat Daerah di Kabupaten Banjarnegara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Promosi dan Kecerdasan Emosional pada Komitmen Karir melalui Kepuasan Kerja sebagai Pemediasi  (Studi pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan serta Sekretariat Daerah  di Kabupaten Banjarnegara)]
Preview
PDF (Pengaruh Promosi dan Kecerdasan Emosional pada Komitmen Karir melalui Kepuasan Kerja sebagai Pemediasi (Studi pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan serta Sekretariat Daerah di Kabupaten Banjarnegara))
Download (651kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Donisya, Maudy. 2020. Pengaruh Promosi dan Kecerdasan Emosional pada Komitmen Karir melalui Kepuasan Kerja sebagai Pemediasi (Studi pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan serta Sekretariat Daerah di Kabupaten Banjarnegara). Skripsi, Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang Pembimbing: Nury Ariani Wulansari S.E., M.Sc.. Kata kunci: Promosi, Kecerdasan Emosional Kepuasan Kerja, Komitmen Karir Komitmen karir merupakan suatu sikap individu menuju panggilan karir yang melibatkan motivasi pekerjaan pegawai, dimana pegawai dengan dedikasi tinggi dalam bekerja akan termotivasi untuk menuju panggilan karir dan tujuan karirnya dalam organisasi. Komitmen karir mengacu pada suatu sikap seseorang terhadap profesi atau pekerjaan. Komitmen karir dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti promosi, kecerdasan emosional, dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi kepuasan kerja dalam hubungan antara promosi dan kecerdasan emosional pada komitmen karir. Populasi dalam penelitian ini yaitu Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan serta Sekretariat Daerah di Kabupaten Banjarnegara. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 Aparatur Sipil Negara (ASN) Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis berupa SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi memiliki pengaruh tidak signifikan pada komitmen karir dan signifikan pada kepuasan kerja, sedangkan kecerdasab emosional memiliki pengaruh signifikan pada komitmen karir dan kepuasan kerja. Kemudian, ketika dimediasi oleh kepuasan kerja, promosi dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang signifikan pada komitmen karir. Simpulan dari penelitiaan ini yaitu promosi tidak dapat meningkatkan komitmen karir secara langsung, namu ketika melalui mediasi kepuasan kerja dapat meningkatkan komitmen karir. Sedangkan, kecerdasan emosional dapat meningkatkan komitmen karir secara langung maupun melalui mediasi kepuasan kerja. Saran untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) agar lebih meningkatkan komitmen karir yang nantinya dapat digunakan dalam mencapai kesuksesan karir secara individu maupun instansi. kemudian, saran untuk pimpinan unit kerja harus lebih objektif dalam melaksanakan program promosi yang sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Promosi, Kecerdasan Emosional Kepuasan Kerja, Komitmen Karir
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 09 Jan 2021 18:14
Last Modified: 09 Jan 2021 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42857

Actions (login required)

View Item View Item