PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Fajar Rastra Aditama, 7211416121 (2020) PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN DAN  KEBIJAKAN UTANG TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI  VARIABEL MODERATING]
Preview
PDF (PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING)
Download (643kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Aditama, Fajar Rastra. 2020. “Pengaruh Kebijakan Dividen dan Kebijakan Utang terhadap Keputusan Investasi dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Drs. Subowo, M.Si. Kata Kunci: Keputusan Investasi; Kebijakan Dividen; Kebijakan Utang; Profitabilitas Perusahaan perlu mencari sumber dana untuk membiayai kebutuhan operasinya. Salah satu kegiatan yang membutuhkan sumber dana adalah aktivitas investasi. Investasi dapat dilakukan dengan tujuan ekspansi atau untuk menempatkan kelebihan dana yang ada dalam perusahaan yang nantinya diharapkan dapat memberikan pendapatan tambahan bagi perusahaan. Disisi lain, terdapat beberapa kasus yang menyebabkan perusahaan mengalami pailit akibat dari kesalahan investasi yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian mengenai keputusan investasi telah banyak dilakukan, namun masih menghasilkan temuan yang beragam. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kebijakan dividen dan kebijakan utang terhadap keputusan investasi dengan dimoderasi oleh profitabilitas. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi seluruh perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 21 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderate Regression Analyst (MRA) dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan dividen dan kebijakan utang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan investasi. Sedangkan, profitabilitas mampu memoderasi hubungan kebijakan terhadap keputusan investasi. Profitabilitas juga mampu memoderasi hubungan kebijakan utang terhadap keputusan investasi. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas data penelitian di sektor perusahaan lain dengan jumlah tahun pengamatan yang lebih dari tiga tahun, sehingga hasil analisis yang diperoleh lebih tergeneralisasi. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat mengembangkan variabel penelitian dan menggunakan pengukuran variabel yang lebih luas. Sehingga penelitian tersebut memiliki cakupan reputasi yang dihasilkannya lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keputusan Investasi; Kebijakan Dividen; Kebijakan Utang; Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 09 Jan 2021 17:36
Last Modified: 09 Jan 2021 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42851

Actions (login required)

View Item View Item