IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Krisdarefa Karim, 7101416045 (2020) IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (507kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Karim, Krisdarefa. 2020. “Implementasi Social Entrepreneurship pada Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Negeri Semarang”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Prof. Dr. Rusdarti, M. Si. Kata Kunci: Social Entrepreneurship, Motivasi, Implementasi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Penerapan social entrepreneurship pada program kerja kegiatan, (2) Dampak sosial dari penerapan social entrepreneurship. Social entrepreneurship menjadi fenomena sangat menarik karena perbedaannya dengan kewirausahaan tradisional yang hanya fokus terhadap keuntungan materi dan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas, serta deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1)Penerapan konsep social entrepreneurship dapat terwujud karena adanya sosok wirausaha HIPMI-PT UNNES, dan pemilihan program kerja kegiatan yang mengandung nilai-nilai sosial. 2) Dampak adanya penerapan social entrepreneurship adalah peningkatan motivasi mahasiswa untuk menjadi social entrepreneurship meliputi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Tingkat kecenderungan motivasi social entrepreneurship UKM HIPMI-PT UNNES termasuk dalam kategori tinggi, peningkatan sumber daya mahasiswa dan peningkatan kegiatan ekonomi mahasiswa di UKM HIPMI-PT UNNES. Saran dari penelitian ini yaitu mahasiswa hendaknya memaksimalkan untuk mengikuti pelatihan penambah soft skill yang diadakan HIPMI-PT UNNES. Bagi UKM HIPMI-PT UNNES, hendaknya dapat melakukan evaluasi dan perbaikan penerapan social entrepreneurship secara rutin setelah program kerja terlaksana. Bagi pengambil kebijakan, hendaknya dapat menentukan strategi motivasi yang tepat untuk berwirausaha dengan jiwa social entrepreneurship dan tepat dalam menentukan anggaran untuk program kerja kegiatan yang bernilai sosial di UKM HIPMI-PT UNNES.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Social Entrepreneurship, Motivasi, Implementasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 09 Jan 2021 16:55
Last Modified: 09 Jan 2021 16:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42846

Actions (login required)

View Item View Item