ANALISA KEMAMPUAN SERVIS PERMAINAN BOLA VOLI ANTARA TIM PUTRA-PUTRI PELAJAR INDONESIA DAN MALAYSIA PADA PERTANDINGAN ASEAN SCHOOL GAMES KE-11 TAHUN 2019


JUNEDO GUNARU PANJAITAN, 6101416169 (2020) ANALISA KEMAMPUAN SERVIS PERMAINAN BOLA VOLI ANTARA TIM PUTRA-PUTRI PELAJAR INDONESIA DAN MALAYSIA PADA PERTANDINGAN ASEAN SCHOOL GAMES KE-11 TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISA KEMAMPUAN SERVIS PERMAINAN BOLA VOLI ANTARA TIM PUTRA-PUTRI PELAJAR INDONESIA DAN MALAYSIA PADA PERTANDINGAN ASEAN SCHOOL GAMES KE-11 TAHUN 2019]
Preview
PDF (ANALISA KEMAMPUAN SERVIS PERMAINAN BOLA VOLI ANTARA TIM PUTRA-PUTRI PELAJAR INDONESIA DAN MALAYSIA PADA PERTANDINGAN ASEAN SCHOOL GAMES KE-11 TAHUN 2019)
Download (644kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

JUNEDO GUNARU PANJAITAN.2020.Analisa Kemampuan Service Permainan Bola Voli Antara Tim Putra-Putri Indonesia dan Malaysia pada Pertandingan ASEAN School Games Ke-11 Tahun 2019.Skripsi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Semarang. Dr.Agung Wahyudi, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan, Gerak, Service, Bolavoli, Atlet Pelajar Tim putra-putri Indonesia dan Malaysia merupakan saingan ketat yang selalu masuk kedalam semifinalis pada kejuaraan ASEAN School Games. Pada penelitian ini peneliti tertarik  untuk mengetahui keterampilan service yang dilakukan yang meliputi: 1) posisi manakah yang sering diserang, 2) jenis servis apa yang sering digunakan dan 3) lebih efektif manakah servis yang digunakan. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif . Lokasi penelitian berada di kota Semarang dengan subyek  atlet pelajar bolavoli Indonesia dan Malaysia yang berjumlah 48 atlet. Instrument penelitian menggunakan metode observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase Berdasarkan hasil penelitian 1) posisi yang paling sering diserang servis tim putra Indonesia adalah posisi 6 dengan 154 pukulan ,tim putri Indonesia posisi 6 dengan 115 pukulan, tim putra Malaysia adalah posisi 6 dengan 194 pukulan,dan tim putri Malaysia posisi 6 dengan 106. 2) Jenis servis yang sering digunakan tim putra Indonesia adalah jump serve ,tim putri Indonesia floating serve ,tim putra Malaysia adalah jump floating serve ,dan tim putri Malaysia jump floating serve. 3) Efektifitas servis yang digunakan dalam menyerang pada tim putra Indonesia paling efektif adalah jump floating serve 43,12 %,tim Indonesia putri jump serve 57,14 %, tim Malaysia putra adalah jump serve 55,56 %., dan Malaysia putri adalah jump floating serve 47,57 %. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan timnas putra Indonesia adalah posisi 6, putri Indonesia posisi 6,putra Malaysia adalah posisi 6, dan putri Malaysia posisi 6. Jenis servis yang sering digunakan timnas putra Indonesia adalah jump serve ,timnas putri Indonesia floating serve ,putra Malaysia adalah jump floating serve ,dan timnas putri Malaysia jump floating serve. Efektifitas servis yang digunakan dalam upaya untuk menyerang pada timnas putra Indonesia paling efektif adalah jump floating serve, serve yang efektif digunakan tim Indonesia putri jump serve, serve yang paling efektif digunakan tim Malaysia putra adalah jump serve ,dan serve yang paling efektif tim Malaysia putri adalah jump floating serve. Saran kepada tim Indonesia, Malaysia dan pelatih bolavoli perlu melatih pukulan servis lebih bervariasi, dan melatih akurasi arah servis agar dapat mengontrol arah bola lebih baik dan dapat memaksimalkan pukulan servis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan, Gerak, Service, Bolavoli, Atlet Pelajar
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
L Education > L Education (General)
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 09 Jan 2021 04:08
Last Modified: 09 Jan 2021 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42832

Actions (login required)

View Item View Item