IMPLEMENTASI E-LEARNING SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MEDIA PROMOSI PRODUK TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SMK ANTONIUS SEMARANG


Mutiara Diyah Pangesti, 5302415005 (2020) IMPLEMENTASI E-LEARNING SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MEDIA PROMOSI PRODUK TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SMK ANTONIUS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI E-LEARNING SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MEDIA PROMOSI PRODUK TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SMK ANTONIUS SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI E-LEARNING SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MEDIA PROMOSI PRODUK TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SMK ANTONIUS SEMARANG)
Download (459kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pangesti, Mutiara Diyah. 2020. Implementasi E-Learning Schoology Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Media Promosi Produk Teknik Komputer Dan Informatika Di SMK Antonius Semarang. Skripsi. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Metode pembelajaran yang sudah diterapkan di SMK Antonius Semarang cenderung menoton dan kurang berdampak pada hasil belajar siswa atau masih banyak siswa yang belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan implementasi e learning schoologi dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui implementasi e learning schoologi dengan e learning schoologi & powerpoint pada pembelajaran Media Promosi Produk Teknik Komputer dan Informatika di SMK Antonius Semarang. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen dengan rancangan Purposif Control Group Pretest-posttest Design. Populasi penelitian yaitu siswa di SMK dengan sampel sebanyak 35 siswa dimana 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes dan postes, data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi e learning schoologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran media promosi produk teknik komputer dan informatika di SMK Antonius Semarang. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui implementasi e learning schoologi dengan e learning schoologi & powerpoint pada pembelajaran Media Promosi Produk Teknik Komputer dan Informatika di SMK Antonius Semarang dibuktikan dengan uji t dengan nilai sig 0,004 < 0,05. Rata-rata perbedaan mencapai 8.383, diman kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 82,85 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 74,47. Dengan demikian hasil belajar posttes pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu sebaiknya para guru mengimplementasikan e learning schoologi & powerpoint sehingga dapat membuat siswa lebih aktif, karena pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil belajar, E-Learning, Schoology, dan Media Promosi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hasil belajar, E-Learning, Schoology, dan Media Promosi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
T Technology > Information and Computer
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 09 Jan 2021 03:32
Last Modified: 09 Jan 2021 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42824

Actions (login required)

View Item View Item