PERHITUNGAN NERACA MASSA DAN NERACA PANAS PADA PRA-RANCANG PABRIK MELAMIN DENGAN BAHAN BAKU UREA KAPASITAS 47.000 TON/TAHUN


Ratna Indah Lestari, 5213416008 (2020) PERHITUNGAN NERACA MASSA DAN NERACA PANAS PADA PRA-RANCANG PABRIK MELAMIN DENGAN BAHAN BAKU UREA KAPASITAS 47.000 TON/TAHUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERHITUNGAN NERACA MASSA DAN NERACA PANAS PADA PRA-RANCANG PABRIK MELAMIN DENGAN BAHAN BAKU UREA KAPASITAS 47.000 TON/TAHUN]
Preview
PDF (PERHITUNGAN NERACA MASSA DAN NERACA PANAS PADA PRA-RANCANG PABRIK MELAMIN DENGAN BAHAN BAKU UREA KAPASITAS 47.000 TON/TAHUN)
Download (525kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ratna Indah Lestari. 2020. “Perhitungan Neraca Massa dan Neraca Panas pada Pra-rancangan Pabrik Melamin dengan bahan Baku Urea Kapasitas 47.000 ton/tahun”. Skripsi. Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Dhoni Hartanto, S. T., M. T., M.Sc. Melamin digunakan sebagai perekat, pelapis, moulding, dll. Melamine memiliki keunggulan antara lain ketahanan terhadap abrasi kimia, fisika, dan termal. Meningkatnya permintaan laminasi dekoratif dalam aplikasi kontruksi perumahan meningkatkan permintaan melamin dalam industri laminasi, dimana wilayah pasar terbesarnya adalah Amerika Serikat. Konsumsi melamin global untuk industri laminasi dan perekat mencapai 80%. Industri laminasi antara lain produk furniture, lantai, lemari, meja, dan dinding. Produk perekat kayu yang menggunakan melamin antara lain papan serat, papan partikel, kayu lapis. Beberapa negara penghasil melamin terbesar antara lain Cina, Belanda, Jerman, Polandia, Jepang, dan Amerika Serikat. Selama ini kebutuhan melamin dikawasan Asia termasuk Indonesia mendapat pasokan melamin dari Cina. Dalam rangka memenuhi kebutuhan melamin di dalam negeri dan beberapa negara di Kawasan Asia, maka direncanakan pendirian pabrik melamin dari urea dengan katalis alumina kapasitas 47.000 ton/tahun. Produk melamin yang dihasilkan berupa padatan berwarna putih. Kebutuhan bahan baku urea sebanyak ton/tahun dan katalis alumina sebanyak ton/tahun. Proses reaksi pembentukan melamin terjadi dalam reactor fluidized bed yang berisi katalis alumina dan fluidizing gas berupa campuran gas ammonia dan karbondioksida dari hasil recycle, reactor dioperasikan pada kondisi suhu 395 0C dan tekanan 3 atm dengan konversi reaksi 95%. Proses yag digunakan adalah proses BASF dengan alat utama berupa tangka pelelehan urea, Reaktor, Gas Filter, Reaktor, Desublimer, Cylone, dan Scrubber. Gas campuran melamin yang dihasilkan reactor dipisahkan dari produk sampingnya (melam dan melem) menggunakan gas filter. Melamin dikristalkan dalam desublimer hingga suhunya 190 0C dan pisahkan padatan melamin dan off gas nya dalam cyclone. Konversi melamine sebersar 99,9%. Dari perhitungan analisis neraca massa dan neraca panas berada pada kondisi setimbang atau tidak ada massa dan panas yang hilang. Kata kunci : Melamin, Urea, Neraca Massa, Neraca Panas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Melamin, Urea, Neraca Massa, Neraca Panas.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > Chemical Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 09 Jan 2021 03:03
Last Modified: 09 Jan 2021 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42817

Actions (login required)

View Item View Item