PENGARUH WAKTU PENCAMPURAN TERHADAP KEKERASAN VICKERS DAN STRUKTUR MICRO MATERIAL CRUCIBLE BERBAHAN EVAPORATION BOATS, KAOLIN, DAN SEMEN TAHAN


Sandy Triyanto, 5201416053 (2020) PENGARUH WAKTU PENCAMPURAN TERHADAP KEKERASAN VICKERS DAN STRUKTUR MICRO MATERIAL CRUCIBLE BERBAHAN EVAPORATION BOATS, KAOLIN, DAN SEMEN TAHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH WAKTU PENCAMPURAN TERHADAP KEKERASAN VICKERS DAN STRUKTUR MICRO MATERIAL CRUCIBLE BERBAHAN EVAPORATION BOATS, KAOLIN, DAN SEMEN TAHAN]
Preview
PDF (PENGARUH WAKTU PENCAMPURAN TERHADAP KEKERASAN VICKERS DAN STRUKTUR MICRO MATERIAL CRUCIBLE BERBAHAN EVAPORATION BOATS, KAOLIN, DAN SEMEN TAHAN)
Download (751kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sandy Triyanto, 2020. Pengaruh Waktu Pencampuran terhadap Kekerasan Vickers dan Struktur Micro Material Crucible Berbahan Evaporation Boats, Kaolin, dan Semen Tahan Api. Pembimbing Rusiyanto, S.Pd., M.T. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi waktu pencampuran 30 menit, 60 menit dan 90 menit terhadap spesimen crucible serta mengetahui kekerasan dan struktur micro spesimen crucible yang telah di mixer. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan menggunakan variasi waktu pencampuran yaitu waktu 30 menit, 60 menit dan 90 menit dan melihat pengaruhnya terhadap sifat fisik dan mekanik dari spesimen crucible dengan campuran evaporation boats, kaolin dan semen tahan api. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui data primer yang dilakukan di laboratorium meliputi kegiatan pembuatan spesimen, proses sintering dan pengujian spesimen yang meliputi kekerasan vikers dan struktur micro. Data yang diperoleh dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik yang kemudian dideskripsikan menjadi kalimat yang mudah dibaca, dipahami sehingga dapat ditarik kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi waktu pencampuran 30 menit, 60 menit dan 90 menit berpengaruh terhadap perbedaan struktur micro crucible dengan bahan limbah evaporation boats, kaolin dan semen tahan api. Semakin homogen campuran bahan crucible maka semakin solid hasil struktur micro crucible. Selain itu, variasi waktu pencampuran memberikan pengaruh terhadap kekerasan crucible. Semakin lama waktu pencampuran maka kekerasan crucible semakin baik ditunjukkan pada grafik dengan kenaikan antara 7,4 HV – 24,2 HV. Kata kunci: variasi waktu pencampuran, crucible, evaporation boats, vickers, struktur micro.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: variasi waktu pencampuran, crucible, evaporation boats, vickers, struktur micro.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 09 Jan 2021 02:39
Last Modified: 09 Jan 2021 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42812

Actions (login required)

View Item View Item