KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN ALAT PERAGA DAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARGASARI TAHUN PELAJARAN 2008/2009 PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT


ANDINI NURUL ARIFIANI, 4101405538 (2009) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN ALAT PERAGA DAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARGASARI TAHUN PELAJARAN 2008/2009 PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN ALAT PERAGA DAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARGASARI TAHUN PELAJARAN 2008/2009 PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN ALAT PERAGA DAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARGASARI TAHUN PELAJARAN 2008/2009 PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT) - Published Version
Download (174kB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan hasil belajar, seorang guru dalam mengajarkan matematika perlu memiliki strategi pembelajaran yang tepat agar pelajaran matematika dapat diserap dengan baik oleh siswa. Model pembelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa pada suatu pokok bahasan tertentu. Model pembelajaran STAD dengan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga dan LKS diharapkan dsapat membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran dan siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematikanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran STAD dengan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga dan LKS dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru yang ingin menerapkan model pembelajaran STAD dengan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga dan LKS. Penelitian ini mengkaji implementasi model pembelajaran STAD dengan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga dan LKS terhadap ketuntasan belajar serta membandingkannya terhadap model pembelajaran ekspositori pada materi pokok segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Margasari. Dengan teknik random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa 87,5% siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga dan LKS tuntas dalam pelajaran matematika materi pokok segiempat. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga dan LKS lebih baik dari yang diajar dengan metode ekstositori di SMP Negeri 3 Margasari. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dengan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga dan LKS efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas VII SMPN 3 Margasari pada materi pokok segiempat, oleh karena itu guru matematika di SMPN 3 Margasari hendaknya mencoba penerapan model pembelajaran STAD dengan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga dan LKS pada materi segiempat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Segiempat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 05:55
Last Modified: 21 Sep 2011 05:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4280

Actions (login required)

View Item View Item