PENELUSURAN BAKAT SISWA PADA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DENGAN METODE SPORT SEARCH DI SMP SE- KECAMATAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2019


Andika Wisnu Pradipta, 6101415111 (2020) PENELUSURAN BAKAT SISWA PADA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DENGAN METODE SPORT SEARCH DI SMP SE- KECAMATAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101415111.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah belum adanya metode yang diterapkan oleh guru maupun pelatih dalam melakukan penelusuran bakat siswa pada cabang olahraga sepak bola di SMP se-Kecamatan Temanggung yang terdiri dari tiga SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakan terdapat siswa yang berbakat dalam cabang olahraga sepak bola. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler sepak bola di SMP se-Kecamatan Temanggung sebanyak tiga SMP. Teknik data pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Tes pengumpulan data yang digunakan adalah sport search. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, sebagian besar siswa yang mengikuti tes sport search dapat dikategorikan berbakat sebanyak 28 siswa atau 37% dari jumlah total 75 siswa. Hasil ini dapat dijadikan acuan kedepan bagi guru maupun pelatih sehingga siswa yang dikategorikan sangat berbakat dalam cabang olahraga sepak bola tersebut bisa mencapai prestasi puncak dengan program dan pembinaan latihan yang baik. Disarankan kepada pihak sekolah hendaknya bisa melakukan tes pemanduan bakat setiap tahun ajaran baru agar siswa mengetahui bakat yang dimiliki dan diarahkan ke cabang olahraga yang sesuai sehingga menghasilkan siswa sekaligus atlet yang baik dan berprestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penelusuran bakat, Ekstrakurikuler, Sepak Bola, Sport search
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Jan 2021 06:29
Last Modified: 08 Jan 2021 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42787

Actions (login required)

View Item View Item