SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENDUKUNG HASIL IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA DI KABUPATEN PEMALANG


Wemma Fernanza Aushadyfa, 6101415035 (2020) SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENDUKUNG HASIL IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA DI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101415035.pdf]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Sudah banyak sekali identifikasi bakat di bidang olahraga yang telah dilakukan di Indonesia, khususnya di provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Pemalang. Namun, kita perlu menyadari bahwa identifikasi bakat di bidang olahraga ini membutuhkan dukungan sarana dan prasarana yang mampu mendorong siswa tersebut mencapai hasil yang maksimal. Rumusan masalah pada penilitian ini adalah bagaimana kelayakan sarana dan prasarana pendidikan jasmani di Kabupaten Pemalang dan memiliki tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendiskusikan kelayakan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dalam di Kabupaten Pemalang. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan sarana dan prasarana dalam mendukung hasil identifikasi bakat olahraga di Kabupaten Pemalang. Penelitian yang dilakukan di beberapa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan GOR Kridanggo Pemalang, berfokus pada kenyamanan, keamanan, kondisi fisik/kualitas dan aksesibilitas sarana dan prasarana olahraga. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, terpilihlah beberapa informan yaitu, Guru Pendidikan Jasmani, Pelatih, Siswa, Orang Tua Siswa, dan Kepala Sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa lima sekolah memiliki rata-rata sarana dan prasarana olahraga dengan kondisi sangat baik daintaranya : SD Negeri 01 Kebondalem Pemalang, SMP Negeri 1 Bodeh Pemalang, SMP Negeri 2 Taman Pemalang, SMP Negeri 2 Pemalang dan SMP Negeri 4 Pemalang, tiga sekolah yang memiliki rata-rata sarana dan prasarana olahraga dengan kondisi baik diantaranya SD Negeri 02 Kebondalem Pemalang, SMP Negeri 3 Taman Pemalang dan SMP Negeri 3 Bantarbolang dan dua sekolah yang memiliki rata-rata sarana dan prasarana olahraga dengan kondisi cukup antara lain : SD Negeri 03 Kebondalem Pemalang dan SMP Negeri 3 Pemalang. Kelayakan sarana dan prasarana olahraga sekolah melihar dari Peraturan Menteri no.24 tahun 2007 tentang rasio batasan minimal sarana dana prasarana olahraga yang harus dimiliki di sekolah. Proses identifikasi bakat olahraga, ketersediaan sarana dan prasarana olahraga serta perawatannya masih harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Pemalang sehingga proses identifikasi bakat olahraga bisa berjalan dengan baik dan menghadirkan bibit-bibit atlet yang dapat berkompetisi diajang olahraga yang masing-masing sudah sesuai dengan hasil proses identifikasi bakat olahraga. Ketersediaan sarana dan prasarana olahraga di SD dan SMP Negeri Kabupaten Pemalang yang tergolong masih kurang sehingga proses identifikasi bakat olahraga dapat berjalan dengan baik dengan adanya sarana dan prasarana olahraga yang tercukupi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: arana dan Prasarana Olahraga, Hasil Identifikasi Bakat Olahraga, Pemalang
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Jan 2021 06:25
Last Modified: 08 Jan 2021 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42786

Actions (login required)

View Item View Item