PENGEMBANGAN E-MODUL SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI KABUPATEN PEKALONGAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAN 1 KEDUNGWUNI
M Farid Hakim, 3101416070 (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI KABUPATEN PEKALONGAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAN 1 KEDUNGWUNI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN E-MODUL SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI KABUPATEN PEKALONGAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAN 1 KEDUNGWUNI)
- Submitted Version
Download (547kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menggunakan model research and development dengan analisis kuantitatif deskriptif untuk menjabarkan temuan data penelitian. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui tahapan pengembangan e-modul pembelajaran sejarah; (2) Mengetahui penggunaan e-modul, dan; (3) Meningkatkan minat belajar siswa kelas X IPS 4 di SMAN 1 Kedungwuni melalui penggunaan e-modul berbasis sejarah lokal masuknya Islam di Kabupaten Pekalongan. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dan analisis uji n–gain serta regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Berdasarkan uji validitas e-modul menunjukkan bahwa e-modul memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai sumber belajar; (2) Berdasarkan analisis uji n–gain terhadap nilai pretest dan posttest diperoleh angka sebesar 0,79; (3) Pengembangan e-modul berpengaruh terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X IPS 4 sebesar 22,7% dengan arah pengaruh positif berdasar analisis regresi linier sederhana. Kata kunci : E-Modul, Project Based Learning, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Project Based Learning, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 08 Jan 2021 06:05 |
Last Modified: | 08 Jan 2021 06:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42783 |
Actions (login required)
View Item |