KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SLAWI DAN SMA NEGERI 1 PANGKAH TERHADAP PABRIK GULA PANGKA KABUPATEN TEGAL


Dewi Yuliana, 3101416031 (2020) KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SLAWI DAN SMA NEGERI 1 PANGKAH TERHADAP PABRIK GULA PANGKA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI  SMA NEGERI 3 SLAWI DAN SMA NEGERI 1 PANGKAH TERHADAP PABRIK GULA PANGKA KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SLAWI DAN SMA NEGERI 1 PANGKAH TERHADAP PABRIK GULA PANGKA KABUPATEN TEGAL) - Submitted Version
Download (440kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Yuliana, Dewi. 2020. Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Slawi dan SMA Negeri 1 Pangkah Terhadap Pabrik Gula Pangka Kabupaten Tegal. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. YYFR. Sunarjan, M.S. 222 halaman Kata kunci: kesadaran sejarah, Pabrik Gula Pangka Proses pembelajaran sejarah diharapkan siswa memiliki sikap nasionalisme sebagai warga negara yang baik. Untuk menanamkan sikap nasionalisme pada siswa, perlu adanya kesadaran sejarah dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan Pabrik Gula Pangka dalam menumbuhkan kesadaran sejarah di SMA Negeri 3 Slawi dan SMA Negeri 1 Pangkah, (2) menganalisis pemahaman dan sikap siswa kelas XI SMA Negeri 3 Slawi dan SMA Negeri 1 Pangkah terhadap Pabrik Gula Pangka, (3) membandingkan tinggi kesadaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Slawi dan SMA Negeri 1 Pangkah terhadap Pabrik Gula Pangka. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Slawi dan SMA Negeri 1 Pangkah kelas XI dengan menggunakan mix method, yakni kualitatif dan kuantitatif dengan urutan penemuan sequential exploratory. Metode kualitatif menggunakan strategi penelitian studi kasus, sedangkan metode kuantitatif menggunakan strategi penelitian deskriptif kuantitatif dengan survey. Analisis data kualiatif menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik data atau verifikasi. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, studi dokumentasi, dan angket kesadaran sejarah. Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa pemanfaatan Pabrik Gula Pangka dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Slawi dan SMA Negeri 1 Pangkah dibahas secara singkat dalam pembelajaran karena mempertimbangkan alokasi waktu pembelajaran sejarah. Kesadaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Slawi dan SMA Negeri 1 Pangkah yang meliputi pemahaman sejarah terhadap Pabrik Gula Pangka dan sikap siswa terhadap Pabrik Gula Pangka yaitu siswa kelas XI mengetahui bahwa Pabrik Gula Pangka merupakan peninggalan sejarah masa kolonial dan sikap siswa sangat positif ingin menjaga Pabrik Gula Pangka sebagai peninggalan sejarah dan melestarikan tradisi yang ada di Pabrik Gula Pangka. Hasil analisis deskriptif untuk tingkat kesadaran sejarah siswa yaitu tingkat kesadaran sejarah SMA Negeri 3 Slawi memiliki nilai rata-rata 61,85 dengan rata-rata presentase 69% (sedang). Di SMA Negeri 1 Pangkah memiliki rata-rata 73,3 dengan rata-rata presentase sebesar 82% (tinggi). Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran sejarah SMA Negeri 1 Pangkah lebih tinggi dibandingkan dengan SMA Negeri 3 Slawi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesadaran sejarah, Pabrik Gula Pangka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 08 Jan 2021 05:53
Last Modified: 08 Jan 2021 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42782

Actions (login required)

View Item View Item